Header Ads

Oleh-Oleh Khas Dieng Yang Sayang Kalau Nggak Kamu Bawa Pulang

Serba-serbi - Yang masih kluyuran di Dieng masih terbesit pengen beli oleh-oleh buat yang dirumah nggak nih sob? buat keluarga, sahabat, atau calom mertua mungkin? Nah kalau kamu masih bingung mau cari apa-apa aja yang khas dari Dieng berikut ini akan saya kasih oleh-oleh yang mantap dah buat yang dirumah.

Sebagai daerah dataran tinggi nggak salah kalau Dieng mempunyai beberapa makanan khas yang sukar sekali ditemukan di daerah lain. Yang pasti ada yang alami dan ada yang olahan. Tentu saja keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung selera lidah kita masing-masing. Langsung saja, ini dia.

1. Carica / Pepaya Gunung
Buah Carica | Dieng
Kalau ditanya apa itu carica mungkin orang yang belum pernah ke Dieng bakalan bingung tuh kayak apa sih buahnya. Nah buah carica ini sebenarnya adalah pepaya gunung. Buah kecil imut nan mungil ini biasanya sering kita jumpai di lahan-lahan pertanian milik warga setempat. Pohon dan daunya juga persis dengan pepaya, cuma untuk carica ini baunya lebih harum. Jika kamu penasaran ingin mencicipinya kamu bisa langsung cek di lokasi pusat penjualan oleh-oleh di sepanjang jalan Dieng. Harga perkilonya juga nggak mahal-mahal banget, masih terjangkau dan masuk akal. Untuk masalah kandungan carica sendiri mengandung kalsium, vitamin A & C, gula, dan minyak atsiri. Selain bisa langsung disantap ( dikupas dulu kulitnya ) buah ini paling enak dibikin jus nih sob. Rasanya manis masam dan pokoknya menyegarkan. Disini carica juga dibuat berbagai olahan loh sob seperti manisan, selai, keripik dan lain sebagainya.

2. Manisan Carica
Manisan Carica Dieng
Yang nggak kalah uniknya lagi kita juga bisa menemukan olahan dari carica itu sendiri, salah satunya adalah manisan carica. Untuk rasa nggak diragukan lagi deh pokoknya. Dijamin bikin kamu ketagihan. Harganya juga masih terjangkau, mulai dari 15 ribu kita bisa mendapatkan 6 cup manisan carica. Nah ada juga nih yang lebih mahal 20 ribu keatas, tentu saja bedanya isi irisan carica yang lebih mahal pasti lebih banyak. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Dieng kebanyakan dari mereka mengincar manisan carica ini loh sob, bagaimana? penasaran kan? makanya catat nih manisan carica dalam list oleh-olehmu kalau ke Dieng.

3. Aneka Keripik Camilan
Aneka Camilan Di Dieng
Kalau mau cari yang kering nggak usah khawatir sob, karena disini udah ada banyak pilihan keripik yang cocok buat camilan kamu dirumah. Kalau tadi kita udah bahas buah carica, terus manisan carica, coba deh sekarang kamu incipi keripik carica. Rasanya renyah, gurih, dan manis. Mantap... Untuk masalah harga sendiri satu bungkus snack keripik carica dihargai mulai 20 ribu per bungkus. Terbilang terjangkau ya kawan? nah selain itu masih ada beberapa pilihan keripik lain nih seperti keripik jamur kuping, jamur kancing, jamur tiram, dan aneka kacang-kacangan. Wah banyak ya, biar makin mantep pilihanya mending langsung samperin aja deh yang jual. Hahaha..

4. Terong Londo / Terong Belanda
Terong Belanda Dieng
Buah bernama ilmiah Solanum betaceum ini memang bikin orang penasaran. Awalnya saya juga bingung keheranan melihat buah yang satu ini, saya kira sawo kecik. Habis mirip sih. Ehh ternyata taunya terong londo. Pastinya beda ya sob sama terong yang sering kita jumpai di penjaja sayur di kampung kita. Terong yang satu ini berukuran lebih mungil ketimbang terong sayur. Walaupun bukan buah asli Indonesia namun buah ini menjadi salah satu oleh-oleh fenomenal di dataran tinggi Dieng. Ya walaupun biasanya para wisatawan lebih melirik Carica dari pada terong ini. Nah yang nggak kalah unik adalah cara memakannya. Nggak bisa kita langsung main embat gitu aja ya sob. Caranya kita gigit sedikit atau cuil pakai kuku di ujung atas buah kemudian kita hisab-hisab. Wah jadi vampir dong? hahaha.. Kalau nggak mau repot kamu bisa mengelohanya menjadi jus, ini jauh lebih praktis ketimbang kamu ngisep buahnya. Rasanya manis asam, tapi lebih dominan asam. Harganya juga sangat murah kok sob cukup dengan uang 7.500 kita bisa dapat buah ini 1 kilo. Fantastis. Untuk masalah kandungan terong belanda kaya akan vitamin A & C yang berguna untuk kesehatan mata dan mengobati sariawan, serta mencegah kanker dan sembelit.

Nah itulah tadi beberapa oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ketika pergi ke Dieng. Mungkin untuk buah carica dan terong belandanya cukup asing ya sob, ini karena kedua buah tersebut merupakan tanaman pegunungan. Ya maklum aja kalau di dataran rendah kita nggak bakalan menjumpainya.

Selain ke 4 yang saya sebutkan diatas sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh yang bisa kamu beli, cuma biasanya para wisatawan lebih memburu makanan diatas. Gimana kawan, udah dicatat belum? mau bawa pulang yang mana?

8 comments:

  1. ehmm,, itu warna pepaya nya emng gtu ya mas? atau diksh cat ya? :D

    ReplyDelete
  2. ya amppun, dari dulusampe sekaranng baru tau ada yang namanya pepaya gunung, penasaran deh sama rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijamin beda sama pepaya biasa mbak :D

      Delete
  3. Lhah, carica itu emang pepaya toh. Baru tahu saya. Kemaren dibilangin, carica itu kates (pepaya - Jawa), saya senyum-senyum sendiri. Kirain itu adalah spesies yang berbeda :D

    ReplyDelete
  4. Baru tau kalo carica tuh aslinya mirip pepaya. Biasa beli yang udah di dalem jar jadi manisan.
    Wah sukakk banget sama terong belanda, asyem-asyem seger, kalau beli jus pasti beli jus terong belanda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane malah nggak doyan terong belandanya mbak. wkwkw

      Delete

Powered by Blogger.