Header Ads

Ingin Menemukan Destinasi Wisata Yang Bagus? Ini Tipsnya

Sebelumnya, saya mau ngasih sedikit informasi kepada temen-temen. Kalau saya ini bukanlah seorang travel blog yang keseharianya ngluyur kesana kemari terus posting-posting dan posting. Saya cuma seorang biasa yang punya rutinitas di tempat kerja, dan yang pasti bukan orang kantoran. Nah 5 hari kerja itu udah buat saya penat dan bosan, apalagi pas sabtu minggu libur cuma buat males-malesan dan memanjakan diri dirumah. Rasanya pasti liburnya cepet banget. Maka dari itu saya berupaya menyegarkan pikiran dengan berwisata. Dan kayaknya sekarang udah jadi kebiasaan deh. Hehehe..

Cara Menemukan Wisata Tersembunyi
Karena kebiasaan itulah ada beberapa temen-temen yang selalu ngasih saya pertanyaan kurang lebih seperti ini. Ehh, kamu kok tau wisata itu to? Ehh itu dimana kok kamu bisa tau? atau yang lebih sederhana. Kamu kok tau objek itu dari mana?

Oke, menyikapi pertanyaan tersebut akan saya kasih sedikit informasi gimana sih caranya supaya kita bisa tau ada wisata di daerah A. Terus disana kayak gimana gambaranya. Ini adalah cara saya hlo ya, mungkin temen-temen senior yang lain punya cara tersendiri. Apa aja caranya?

1. Manfaatkan Menu Hastag Pencarian Jejaring Sosial ( IG )
Sekarang mah udah maju jamanya, maka dari itu dalam menemukan informasi mengenai objek wisata saya selalu menggunakan jejaring media sosial, terus caranya gimana? cari aja dipencarian. Misalnya saya mau ke Magelang, saya kan nggak tau nih disana ada apa aja. Pakai aja #exploremagelang atau bisa juga #wisatamagelang. Nah disana nanti ada banyak gambar-gambar yang bisa kita pilih. Silahkan ditelusuri yang menurut kamu bagus, kalau udah buka aja gambarnya lalu lihat captionya, mudah-mudahan yang mengunggah ngasih keterangan lokasinya dimana, kalau enggak kita tanya aja langsung. Atau kalau takut dicuekin mending cari lagi siapa tau ada gambar dilokasi yang sama.

2. Buka Akun Wisata Regional Daerah ( IG )
Masih sama dengan yang diatas cuma yang ini lebih mainstream. Buka aja langsung akun wisata regional. Agak susah memang, karena biasanya tiap daerah nggak cuma 1 akun aja, cuma kalau saya sih caranya ketikkan @instakendal ( untuk regional Kendal ) atau @instabatang ( untuk regional Batang ) di menu pencarian dan silahkan ganti kota dengan kota yang akan kamu tuju. Biasanya akun tersebut nggak lupa ngasih caption lengkap sampai ke desa dan kecamatanya. Bahkan kadang ada yang ngasih rutenya.

3. Rekomendasi Temen
Nah selain informasi dari dunia maya saya juga terkadang mengandalkan informasi dari temen-temen yang sehobi. Kalau sama temen sendiri kan lebih enak dan lebih terpercaya. Kita bisa tanya sampai ke akar-akarnya supaya kita udah punya gambaran, ohh wisata A nanti kurang lebih seperti ini dengan medan yang seperti ini bla.. bla.. bla... Jangan lupa buat meyakinkan kita mengunjungi wisata tersebut minta ijin sama temen diperlihatkan gambarnya. Jadi lebih akurat.

4. Pas Blogwalking
Nah ini juga yang kadang saya lakukan, emang manfaat blogwalking itu banyak selain dapat menyambung tali silaturahmi kadang saya nemu wisata atau tempat yang belum terlalu diexpose. Cuma kalau cara yang satu ini perbandinganya 50:50. Faktor beruntung jugalah pastinya. Kalau misalkan dia ngasih info tempat yang masih terjangkau mungkin ini bisa jadi masukan, cuma kalau udah jauh gitu kayaknya kecil kemungkinan dikunjungi. Hehehe.. Salah satu jurus ampuhnya yaitu cari blogger di kota sebelah, atau sekota malah lebih bagus, kenapa? karena biasanya dia nulis tempat yang ada disekitarnya ( kecuali pas dia liburan ke luar kota ).

5. Lihat Spanduk di Jalan
Biasanya pas kita mau menuju ke wisata A ehh tiba-tiba lihat ada spanduk di pinggir jalan papan penunjuk arah ke wisata B. Catet dulu nanti kalau pulangnya masih ada waktu sekalian mampir, tapi kalau enggak ya besok lagi kapan-kapan, nggak usah terlalu memaksakan. Saya juga sering menemukan objek baru berkat spanduk yang dipasang di pinggir-pinggir jalan.

6. Cari Di Mesin Pencari ( Google )
Cara ini adalah cara terakhir yang saya pakai, kenapa? karena biasanya para penulis web atau blog lebih menonjolkan objek wisata yang sudah terkenal, yang tersembunyi jarang-jarang ada yang nulis. Dan saya sendiri agak males juga kalau main ke tempat yang udah terkenal. Alasanya ya karena itu tadi, udah banyak yang nulis. Hehehe..

Dan itulah tadi beberapa cara yang saya lakukan untuk mencari destinasi wisata yang bagus dan cocok untuk berakhir pekan. Nah kalau mau dipraktekan silahkan saja, tetapi segala resiko di objek yang belum terkenal ditanggung sendiri ya. Hahaha.. Contoh resikonya adalah mungkin medanya extream, perlu jalan kaki sampai berkilo-kilo meter, nggak ada fasilitas yang memadai, dan lain sebagainya. Tapi semua itu tergantung kita mamandangnya. Kalau kita emang mau menikmati karunia Tuhan Yang Maha Esa tentu segala halangan menjadi lebih ringan.

12 comments:

  1. Aku juga biasanya sebelum berkunjung ke suatu tempat pasti melakukan hal -hal diatas :D. Terutama setelah ada IG sih sangat membantu. Tapi jujur yang ngasih keterangan paling lengkap ya dari review2 blogger.
    Anyway itu fotonya mirip pereng kalau mau ke kali di deket rumah mbah kakung saya hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan-jangan emang deket rumahe mbah mbak. wkwkw

      Delete
  2. Itu fotonya kok kayak jalan ke air terjun sekar langit ya, mas? :D

    ReplyDelete
  3. Aku gak perlu nyari jauh-jauh, cuku WA orang dinas pariwisata #eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu malah jauh lebih terpercaya ya mbak :D

      Delete
  4. Hehe kalo sekarang sy jarang nulis kota sendiri mas hehee...

    ReplyDelete
  5. Kalo aku sih, paling ikut ikutan temen aja hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ini juga bisa jadi masukan mas :D

      Delete
  6. Internet memang sangat membantu dan bisa bikin kita lbh mandiri dalam mencari informasi. Apalagi buat yg suka travelling, jadi makin enak mau kemana aja :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.