Header Ads

Gedong Songo Sebagai Wisata Alam Dan Sejarah Di Semarang

Gedong songo merupakan destinasi wisata alam yang memadukan dengan sejarah. Keberadaanya yang berada di lereng gunung Ungaran dapat membuat siapapun yang berkunjung pasti merasakan nuansa yang begitu damai, sejuknya alam pegunungan ditambah dengan pemandangan hamparan luas akan mewarnai para pengunjung yan datang kemari. Kemudian disebut dengan sejarah karena disini terdapat sebuah bangunan Indonesia, apalagi kalau bukan candi. Uniknya disini tidak hanya terdapat satu candi, melainkan ada sembilan.

Terletak di daerah Bandungan kabupaten Semarang objek wisata ini tidak terlalu sulit dijangkau. Ada dua medan yang bisa pengunjung tempuh. Yang pertama dari kota dengan melewati pemancingan Jimbaran atau lewat Karangjati. Kemudian dari arah Kendal bisa melewati rute Boja - Limbangan - Sumowono. Dari kedua rute  tersebut pengunjung akan sama-sama menghadapi rintangan berupa jalanan yang menanjak serta berkelok kelok. Jika ingin berkunjung kemari pastikan kendaraan anda dalam keadaan prima ya..

Untuk masalah biaya juga masih terbilang murah, hanya dengan membayar Rp.7.500/ orang kita bisa menikmati panorama alam yang luar biasa ini sepuasnya.

Tantangan pengunjung bukan hanya medan perjalananya saja, ada lagi tantangan yang musti kita hadapi lagi setelah sampai, yakni jarak antara bangunan candi satu dengan yang lainya jaraknya berjauhan. Tak jarang pula para pengunjung yang lelah kemudian menyerah di tengah-tengah jalan.

Candi artinya bangunan dan songo artinya sembilan. Jika diartikan adalah bangunan yang berjumlah sembilan. Mungkin bagi para pengunjung yang berhasil menyelesaikan tantangan hingga ke candi terakhir akan bertanya tanya, kenapa hanya sampai bangunan candi lima, padahal tadi dibilang ada sembilan. Menjawab pertanyaan tersebut, ada satu maksud yang belum banyak orang ketahui. Candi gedong songo memang berjumlah sembilan, dan yang lima itu maksudnya lokasi. Jadi satu lokasi ada yang candinya lebih dari satu, jangan salah paham dulu ya..

Di beberapa titik banyak para penjual makanan dan minuman, ini bisa pengunjung manfaatkan apabila tadi lupa membawa bekal dari rumah. Selain itu sudah banyak pula tempat sampah yang disediakan sehingga diharapkan para pengunjung sadar dengan membuang sampahnya ke tempat yang sudah disediakan.

Ditengah-tengah perjalanan nanti kita juga akan mendapati ada sebuah kawah belerang yang berbau menyengat. Lokasinya berada di cekungan bawah. Kemudian didekatnya ada pemandian air panas. Jika di musim liburan tempat ini sangat ramai dirubungi wisatawan.

Nanti dipintu keluar kita akan mendapati banyak para penjual oleh-oleh khas gedong songo. Ada aneka pernak pernik, kaos, gantungan kunci, mainan, tas, dan lain sebagainya. Bagi anda yang merasa lapar tidak usah khawatir karena disini juga ada banyak para penjual makanan, jadi sebelum pulang kita bisa mengisi energi terlebih dahulu setelah lelah akibat berjibaku dengan medan yang luar biasa.

6 comments:

  1. Weekend kemarin ke Semarang tapi gak sempat jalan2 nih...next time mau explore smg ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga bisa sampai kesini ya mbak :D

      Delete
  2. baru tahu nih saya mas, maklum lah belum pernah ke semarang. palingan cuma lewat saja pas ikut tuor wali songo atau pas ke jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. makanya dicoba main ke Semarang mas :D

      Delete
  3. membaca ini jadi nambah wawasan tentang wisata alam dan sejarah di malang :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.