Header Ads

Curug Genting, Air Terjun Yang Indah Namun Terlupakan

Batang - Selain mempunyai destinasi andalan berupa laut kabupaten yang satu ini tak henti-hentinya menyuguhkan keindahan tersembunyi, salah satunya adalah air terjun. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Batang kali ini kita akan membahas mengenai curug Genting.

Memang banyak masyarakat luar yang kurang tau mengenai objek yang satu ini, maklum saja karena lokasinya cukup tersembunyi. Curug genting sendiri berada di desa Bawang, kecamatan Blado, kabupaten Batang. Atau berjarak sekitar 38 Km ke arah Selatan kota Batang. Untuk menuju kemari kita bisa melalui daerah Bandar, kemudian ke Blado. Nah dari situ coba tanya kepada warga sekitar mengenai lokasi curug genting. Memang agak susah untuk menemukanya karena letaknya yang tersembunyi. Namun nggak usah khawatir sob, karena orang sini sudah pada tau mengenai lokasi curug genting itu sendiri.

Curug genting | batang
Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan sepeda motor. Kalau bawa mobil mungkin bisa tapi susah dan merepotkan, mending pakai sepeda motor saja.

Pada awal perjalanan menuju ke sana mungkin kita perlu banyak bertanya sob, soalnya memang nggak ada papan petunjuk arah yang disebar. Saat menuju ke lokasi curug kita akan disambut dengan medan jalan yang sangat menegangkan, yakni berupa jalanan yang berbatu dan menanjak. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima ya sob, biar kuat menanjak.

Perjuangan menuju ke curug genting
Nggak cuma itu saja sob, setelah kita melewati pemukiman penduduk kita akan memasuki daerah hutan belantara yang lebat. Pepohonan berupa pohon pinus yang tinggi-tinggi akan mewarnai perjalanan kita menuju kesana. Untuk masalah jalanya sendiri sangat rusak parah. Aspal yang mengelupas menjadi bebatuan dan kerikil. Tak jarang ban motor sering selip saat mencoba melaju diatas bebatuan. Cukup lama sih sob, kurang lebih 2 sampai 3 Km kita akan berjibaku dengan medan seperti itu. Yang dikhawatirkan adalah kalau ban motor bocor atau bensin habis. Maka dari itu buat kamu yang mau kesini persiapan extra dari rumah ya sob, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

Selain ban dan bahan bakar motor, kita juga wajib memperhatikan bekal makanan dan minuman, soalnya sampai disini udah nggak ada yang jualan lagi. Anggap saja kita sudah melewati aral rintangan tersebut ya sob. Yah jangan senang dulu, lega apanya? kita musti melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki lagi loh.

Ikuti saja jalan bebatuan tersebut sampai habis, nanti parkirkan kendaraan kita disitu ( jangan lupa kunci ganda karena nggak ada petugas parkir ). Setelah itu carilah anak tangga yang terbuat dari semen di sela-sela pepohonan ( sebelah kanan ), kalau udah ketemu silahkan ikuti anak tangga tersebut.

Perjuangan masih belum berakhir sob
Nanti kita akan melihat sebuah pintu gerbang, namun kondisinya sudah rusak parah. Tetap lanjutkan perjalanan menuruni anak tangga ya kawan. Nah, dari sini pun kita sebenarnya udah bisa melihat air terjunya. Lumayanlah dapat mengusir lelah sementara setelah menempuh medan yang luar biasa. Jarak antara gerbang dengan air terjun cukup jauh kurang lebih 300 meter, kalau jalanya datar mah enak ya sob? tapi ini mah enggak, medanya sangat berbahaya karena anak tangganya nggak ada pengamanya. Selain itu juga sudah ditumbuhi rumput dan tanaman yang lebat. Bahkan ada beberapa pohon yang tumbang menghalangi jalan, Waw ngeri banget ya sob enggak tau juga kenapa terbengkalai seperti ini. Apalagi nanti saat mau sampai ke air terjunya, anak tangganya ada yang putus. Jadi kita perlu melewati licinya bebatuan buat bisa turun.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter, dan arusnya cukup deras. Apalagi di musim hujan. Nah kenapa dinamakan curug genting nih mas? Menurut informasi curug artinya air terjun ( bahasa jawa ) sedangkan genting adalah gua. Jadi kesimpulanya adalah air terjun yang ada guanya. Untuk masalah letaknya dimana saya sendiri kurang paham sob, ma'af ya?

Kalau kita perhatikan disini banyak terdapat bebatuan yang tersebar di sepanjang sungai. Mulai dari yang ukuranya kecil, hingga yang besar sekalipun. Hati-hati ya sob saat berada disekitar sini, karena bebatuanya sangat licin. Karena letaknya berada di alam terbuka dan nggak adanya pengamanan mending nggak usah aja ya sob, ya buat keselamatan kita bersama. Apalagi arusnya lumayan deras. Kemudian di sekeliling tebing ini banyak ditumbuhi tanaman hutan yang lebat, sehingga membuat kesan menjadi sejuk dan adem.

Keindahan alam yang luar biasa seperti ini sayang banget saat ini kondisinya sangat tak terawat dan terbengkalai. Entah karena di tutup atau memang lokasinya yang tersembunyi ya..

48 comments:

  1. air terjun nya keren banget & masih alami banget, sepertinya butuh promosi lebih agar curug Genting jadi tujuan wisata para backpaker ya mas.

    ReplyDelete
  2. aksesnya masih butuh perjuangan ya, tapi asik mas, jadi menantang :)
    curugnya keren, seger klo disanan pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, apalagi kemarin keujanan. Huhuhu..

      Delete
  3. Daya malah baru tau Batang punya air terjun mas

    Taunya pantai doang, itupun pantainya kotor, ampun deh -__-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok mas di Batang, nggak cuma curug genting aja :D

      Delete
  4. cukup tinggi juga ya ternyata sampai 40 meter, sayang nya curug ini belum banyak yang tahu ya kang :) saya takut kalau masalah curug, takut tiba-tiba airnya jadi deras :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih mas, makanya kalau ke curug pastikan cuaca sedang baik :D

      Delete
  5. Sayang banget ya kang curug seindah ini bisa terlupakan kan sayang kalau sudah terkenal pasti pada mau deh datang kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, dilihat dari kondisinya curug genting pernah mengalami masa kejayaan :D

      Delete
  6. wisata alam yg keren. bikin fresh otak dan segar paru2 :)

    ReplyDelete
  7. indonesia memeng kaya akan wisata alam yang melimpah, dari laut gunung air terjun,memeng indonesia surga dunia ya kang,

    ReplyDelete
  8. Lumayan tinggi ya mas air terjunnya. Wah ternyata Batang menyimpan banyak wisata alam "tersembunyi" yang belum banyak diketahui orang Indonesia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sayang sekali kalau begitu ya ??

      Delete
  9. wah sayang banget nih kalo curug seindah ini masih byk yg blum tau...

    ReplyDelete
  10. Coba jalan-jalan ke curug Ciputri di Bogor mas, gak kalah keren. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kapan-kapan mbak kalau ada rejeki :D Hehehe

      Delete
  11. Tempat yang cukup menantang untuk berpetualang, sayang saya gak bisa datang bertandang, hehe..

    Oya ijin follow blognya ya mas, maaf telat gabung....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, seru dan menegangkan :D
      Oke siap mas.. Hehehe

      Delete
  12. Serasa my trip my adventure kalo menuju lokasi ini ya mas... Warisan budaya yang menampilkan keindahan alam harusnya dilestarikan, sayang banyak tempat seperti ini di Indonesia yang kurang mendapatkan dukungan dan perhatian, sebenarnya bisa jadi tempat wisata yang menghasilkan lho....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak setuju banget sama pendapatya..
      kalau dikembangkan bisa menjadi penghasilan terutama warga disekitarnya ya..

      Delete
  13. curug nya indah
    cuman kalau di tempat saya
    curug itu tikus
    #ehcurutkaliya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. wah mas Rezky bisa aja :D

      Delete
  14. Tinggi juga ini curugnya mas. Duh jadi kangen main ke curug hahahahha. Sesekali main ke Jogja dong mas :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemarin udah mas, di Pantai Parangtritis, Cuma belum ane post artikelnya :D Hehehehe..

      Delete
  15. datang ke curug genting lebih praktis pake motor ya mas.. ok saya belajar motor dulu trus OTW.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAh mbak santika belum bisa naik motor to? Hahahaha.. jadi pembonceng setia dong ??

      Delete
  16. wonderful indonesia, sebenarnya wisata yang indah ini bisa dikembangkan menjadi objek wisata untuk menarik banyak pengunjung, lumayan jika bisa menghasilkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak setuju banget kalau itu :D

      Delete
  17. saya justru suka yang tersembunyi, lebih berasa adventure. Walau ada kekurangannya juga sih, biasanya sukar akses, ada bahaya tapi tidak diketahui, dll. Memang harus dikelola sih agar tetap terjaga

    ReplyDelete
  18. Air terjunya indah ya. Banyak kekayaan alam yang belum tereksplore dengan baik ya mas

    ReplyDelete
  19. enak buat mandi,,, tp dingin euy... :D

    ReplyDelete
  20. Indonesia memang banyak menyembunyikan destinasi-destinasi yang menarik

    ReplyDelete
  21. Klo aku buka warung di situ mungkiin laku kali ya hihihi #malah liat peluang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul banget itu mbak soalnya nggak ada yang jualan. Haha

      Delete
  22. aku trmsuk yg sukaaa bgt datangin air terjun.. walo kebanyakan memang medannya berat ya, tp terbayar bgt kalo bisa ngeliat air terjun cantik, gagah, tinggi dan deras debit airnya :D

    ReplyDelete
  23. curug nya jauh dari tempat pemukiman warga ngga mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas jauh. sampai 3 Km lah kurang lebih..

      Delete
  24. Kerren gan. Sayang sekali kalau air terjun sebagus ini tidak dikelola dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi..

      Delete

Powered by Blogger.