Header Ads

Lewat Jalur Lingkar Salatiga? Mampir Di Rest Area Ini Aja

Salatiga - Mungkin nama kota Salatiga sudah nggak asing lagi buat temen-temen yang tiap mau lebaran mudik ke daerah Selatan seperti Boyolali, Klaten, Solo, Jogja dan lain sebagainya. Nah jika kamu sering melewati Salatiga jalur manakah yang biasanya kamu lewati sob? lewat kota atau lewat jalur alternatif? Jika kamu lewat jalur alternatif sepertinya ada salah satu tempat yang bisa kamu jadikan tempat beristirahat sambil melepas lelah nih sob, apalagi kalau bukan taman kota Salatiga.

Taman ini berada di sebelah kiri jalan kalau kamu dari arah Semarang. Untuk menemukanya nggak begitu sulit kok sob. Biar nggak bingung kasih ancer-ancernya dong mas kalau dari Semarang? nah kalau kamu dari Semarang sehabis melewati batas kota atau tugu Selamat Datang Salatiga nanti ada persimpangan, silahkan ambil yang kanan, kalau lurus ke kota ya sob. Setelah belok kanan lurus terus sekitar 7 Km sob barulah kamu akan lihat tamanya dikiri jalan. Ohh berarti sebelum perempatan ke Kopeng ya mas? Oke betul sekali, lokasinya sebelum lampu merah ya.

Taman Kota Jalur Lingkar
Setelah melihatnya kita bisa langsung mencari lokasi parkir. Tenang aja sob, area parkirnya cukup luas jadi nyaman pastinya. Nah taman ini adalah lokasi paling strategis kalau buat beristirahat maka tak heran kalau kamu kesini pas arus mudik lebaran atau hari libur tempat ini akan kebanjiran pengunjung. Ada biaya parkirnya nggak nih mas? masalah itu saya sendiri kurang paham sob soalnya kemarin pas kesini nggak bayar apa-apa. Jadi setelah parkir langsung saja masuk ke lokasi taman.

Memasuki taman kita akan disambut oleh berbagai hiasan dan desain taman yang sederhana. Nah ada banyak tempat yang bisa kita jadikan tempat beristirahat nih sob, silahkan cari sendiri ya. Hehehe.. Selain berguna sebagai sarana umum taman kota Salatiga juga dijadikan tempat terbuka hijau loh sob. Keren ya?

Taman Lalu Lintas Salatiga
Nah yang nggak kalah menarik kalau kamu kesini bawa anak kecil atau adik yang masih dibawah umur ada sarana edukasinya loh sob. Yaitu taman lalu lintas. Dimana tempat ini dibuat layaknya jalan sungguhan yang lengkap dengan berbagai tanda rambu-rambu lalu lintas. Pastinya kita bisa mengajari anak kita betapa pentingnya memahami sebuah rambu-rambu supaya nanti kalau sudah besar nggak terbiasa melanggar rambu-rambu.

Demkian pula warga sekitar yang biasanya meluangkan waktu berkunjung kemari dengan anaknya, atau istilah jawanya momong anak pas hari libur. Pastinya anak-anak akan senang kalau diajak ke tempat seperti ini ya sob? Lah mas saya kan udah gede? Emang kenapa? orang dewasa juga nggak apa-apa kok kalau mau kesini, ya itung-itung memperdalam ilmu lagi sob.

Taman ini kapan dibuatnya ya mas? Menurut sumber yang saya dapatkan taman kota ini dibangun pada tahun 2012 yang lalu. Kemarin saat saya kesini masih banyak para pekerja yang membersihkan taman seperti menyapu, memotong rumput, mempercantik bunga dan lain sebagainya. Wah semoga aja sampai besok-besok taman ini tetap bersih dan terjaga ya sob.

Beberapa Burung Yang Tinggal Di Sini

Burung Di taman Kota Salatiga

Selain taman lalu lintas disini sudah ada beberapa kandang burung. Jadi ada kebun binatang mininya gitu sob. Ada burung apa aja nih mas? yang pertama dari gerbang pintu masuk ada kandang burung merpati, didepanya ada burung burung beo atau istilah lainya Tiong Emas dan Mamiang. Lanjut kebawah setelah menuruni anak tangga ada kandang burung Parkit dan Cockatiel, jadi ini dua spesies dalam satu kandang ya sob. Terus didepanya ada burung Betet Merah. Ehh tunggu dulu, dibawahnya lagi masih ada sob yaitu kandang burung Dara dan ayam. Wah banyak banget ternyata ya mas?

Oke sekarang kita bahas fasilitas ya sob. Selain tempat parkir yang nyaman dan area taman yang indah disini sudah ada mushola. Nah pastinya memudahkan kita dalam urusan beribadah ya. Kemudian di bawah ada tanah lapang yang cukup luas. Disekelilingnya banyak pepohonan yang membuat adem suasana. Terus sudah ada toiletnya juga. Yang nggak kalah penting tempat sampahnya juga ada. Pastikan kalau mau buang sampah pada tempatnya ya sob supaya taman ini selalu bersih, indah, dan enak dipandang.

Nah jadi gimana sob yang nanti mau pulang kampung lewat Salatiga mau mampir kesinikah? lumayan kan, sekalian melepas lelah sambil menikmati kesejukan udara di kaki gunung Merbabu. Pastinya bikin semangatmu pulih kembali dong.

47 comments:

  1. Saya belum pernah lewat Salatiga nih mas padahal seru banget kayanya kalau lewat situ bisa hunting dulu sebentar :) So taman nya itu lho mas indah banget :) beda banget dengan taman di daerah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kapan-kapan perlu dicoba kayaknya mas :D

      Delete
  2. taman yang nyaman, pasti suka kalo bawa keluarga

    ReplyDelete
  3. Keren banget kang tamannya, kalau ditempat saya mah lagi sedang tahap renovasi jadi perlu bersabar dulu untuk melihat taman impiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau udah jadi di posting dong mas :D

      Delete
  4. Tamannya rapi dan bersih, itu burung-burungnya juga bagus-bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak cocok kalau bawa anak kecil kesini :D

      Delete
  5. MasyaAllah .. asri banget tamannya. Masuk Taman, gratis mas? siiip.
    Saya pernah bermalam di Solo .. beda yah mas dg Solo-tigo ? :D

    Foto2nya makin mantab mas ..kereenn lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah. beda mbak :D
      Di Solo dimana ya?? soalnya disana juga mantap suasananya .. Hehe

      Delete
  6. Bagussss taman kotanya. Itu koleksi burungnya juga banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sekalian istirahat bisa sambil refresing sejenak :D

      Delete
  7. berharap ada yg ngajak ke tempat ini, dah lama gak pernah lagi singgah ke Jawa.. bagus bgt taman kotanya.

    ReplyDelete
  8. Tamannya lumayan bagus dan luas ya mas. Koleksi burungnya juga bagus. Saya beberapa kali saja lewat Salatiga tapi belum pernah mampir kesini. Bisa jadi rekomendasi apabila nanti lewat Salatiga lagi nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh nih mbak, lewatnya jalur alternatif ya :D

      Delete
  9. Saya blum pernah ke salatiga, asyik ya tamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak asyik juga buat si kecil :D

      Delete
  10. kalu istirahat disini lumayan menarik juga ya bisa sambil melihat burung di kandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas buat hiburan tersendiri :D

      Delete
    2. istirahatnya bisa sangat menyenagkan mas. apalagi yang suka dengan burung. biasanya sih anak suka

      Delete
  11. Wahh enak banget tempatnya, andai dikota saya bersih dan asri kek gitu

    ReplyDelete
  12. burungnya cantik cantik, pengen dong ke taman kota salatiga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas lewat mampirlah mbak :D

      Delete
  13. Buat yang lagi agak mumet ingin refreshing cocok deh ya kesini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian istirahat bagi yang mudik ya mbak :D

      Delete
  14. Wah.. tamannya keren ya. Kayak taman lalin bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau yang di Bandung saya belum pernah mbak :D

      Delete
  15. hiya nih...kebetulan lebaran ini mau mudik ke salatiga, mampir ke Taman Kota nya ah...makasih infonyah

    ReplyDelete
  16. kayaknya tempatnya asik ya gan, memang sangat cocok di jadikan tempat istirahat bagi yang mudik :D

    ReplyDelete
  17. Tempatnya resik, nyaman buat bersantai bersama keluarga ya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, makanya kalau lewat harus mampir :D

      Delete
  18. Salatiga memang dingin heieihiehiee. Sejuk hawanya Saya perna satu kali ke Salatiga sekitar tahun 2013 yang lalu Ada kegiatan komunitas akademi berbagi. Pelaksanaannya di Komplek RemPua Salib Putih

    ReplyDelete
  19. Nggak kalah ya mas sama taman kota di Surabaya :D malah yg di Sby nggak ada burungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya malah belum pernah yang di Surabaya mbak :D
      semoga nanti bisa sampai kesana suatu saat. Hehehe..

      Delete
  20. Boleh juga nih diampiri kalo ke Salatiga

    ReplyDelete
  21. aneka burung yg menawan jd objek fauna yg keren utk diamati dan diabadikan selfi nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga ya mbak, sayang kemarin nggak sempet :D
      mungkin lain kali dicoba ya. Hehehe

      Delete
  22. entah kapan main ke Salatiga.. dan tidak tahu kalau ada taman yang cocok begini.Bersih juga tempatnya, saya suka saya suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lekas tercapai ya mbak bisa ke Salatiga :D

      Delete

Powered by Blogger.