Header Ads

Keindahan Kota Magelang Ternyata Bisa Dinikmati Dari Punthuk Sukmojoyo

Magelang - Kembali lagi ke Magelang sobat, kali ini ada sebuah objek wisata yang menawarkan panorama alam berupa perbukitan yang sedang naik daun. Yah apalagi kalau bukan punthuk Sukmojoyo atau istilah kerennya adalah Sukmojoyo Hill. Objek wisata yang satu ini belakangan menjadi populer sehingga mengundang rasa penasaran bagi semua orang, termasuk saya pribadi. Konon katanya dari atas bukit ini para pengunjung bisa menikmati panorama alam berupa jajaran pegunungan yang indah. Penasaran kan? yuk mari kita simak pembahasanya bersama-sama.

Punthuk Sukmojoyo Magelang
Punthuk Sukmojoyo sendiri berada di desa Giritengah dan berada di ketinggian kurang lebih 1000 mdpl. Untuk menuju kemari juga bukan perkara yang sulit sobat. Ada dua rute yang bisa kita lalui yang pertama dari candi Borobudur dengan menggunakan Jl. Badrawati sekitar 7 Km sekitar 20 menit. Atau melalui jl. Jendral Sudirman sekitar 9 Km. Lokasinya yang berada di dekat pemukiman penduduk terkadang menyulitkan para pengunjung dari luar kota yang hendak berkunjung kemari. Tak ada salahnya jika anda mencoba bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasinya, agar tidak tersesat.

Untuk menuju kemari umumnya pengunjung lebih memilih menggunakan sepeda motor karena lebih mudah. Saat hendak sampai dilokasinya jalanya agak sempit sobat, hanya muat dilalui satu mobil saja, jadi gak kebayang kan kalau misalkan papasan gitu masih cukup atau nggak jalanya. Karena baru pertama kali kemari saya sendiri juga agak kaget nih sob, ternyata medanya cukup membuat nyali serasa diadu, ini dikarenakan banyaknya tanjakan  dan tikungan tajam. Kalau masalah jalannya bagus atau tidak bisa dibilang lumayan ya, cuma nanti kalau hampir sampai agak bergelombang.

Biaya yang dikeluarkan pengunjung terbilang murah
Sebelum memarkirkan sepeda motor pengunjung perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Sangat murah, hanya Rp.3.000/ motor. Untuk masalah parkirnya nanti silahkan di parkir di serambi masjid At-Taqwa. Masalah karcis yang tadi dikasih sama petugasnya silahkan disimpan baik-baik ya, karena nanti akan diminta lagi saat mau pulang.

Masih semangat ya sob? Oke kalau masih yuk langsung saja kita lanjutkan perjalanan menuju ke lokasi punthuk Sukmojoyo. Jangan khawatir, nanti sudah ada papan petunjuk arahnya, jadi tinggal ikuti saja, mudah bukan? jarak antara lokasi parkir dengan puncak lumayan ya, sekitar 1 kilometer kurang lebih. Jalanan menuju kesana berupa jalan setapak dari tanah liat, kemudian para pengunjung juga perlu berjuang melewati rintangan berupa barisan anak tangga yang siap menanti anda, so persiapkan stamina dan air minum. Saat berjalan melewati anak tangga hati-hati terus ya sob, karena jalanya cukup licin. Kemarin ada informasi juga kalau ternyata ada dua jalur untuk kemari tapi rute yang lebih  cepat saya kurang paham.

Kalau misalkan sudah lelah silahkan untuk beristirahat sejenak di warung makan di sepanjang perjalanan, tenang saja ya sob disini sudah banyak para warga yang berjualan aneka makanan dan minuman. Sehingga buat kamu yang lupa bawa bekal bisa istirahat dulu nih disini +  memulihkan tenaga yang terkuras habis saat perjalanan. Masalah kamar mandi, disini juga sudah disediakan di berbagai tempat, jadi jangan khawatir ya sob.

Ini dia yang tidak kalah memacu semangat, saat di tengah-tengah jalan pengunjung akan melihat tulisan "Sukmojoyo Hill" di lereng bukit. Kalau lihat secara langsung pasti kamu akan teringat sama yang diluar negri itu, apa namanya saya lupa? Hahaha.. Oke, sebelum memasuki area punthuk Sukmojoyo nanti kamu akan melihat kotak infaq, lumayan nambah sedekah bisa kasih seikhlasnya.

Panorama alam dari atas punthuk Sukmojoyo begitu indah dan mempesona. Saat cuaca sedang cerah akan nampak berbagai gunung yang ada disekelilingnya.
Bukit Punthuk Sukmojoyo
Setelah sampai ada beberapa tempat yang menarik seperti rumah pohon dan berbagai bangunan yang terbuat dari bambu, ya sangat sederhana sekali sih. Disini juga sudah banyak di sediakan beberapa pos yang bisa digunakan berteduh bagi para pengunjung. Karena berada di atas bukit  pengunjung diharapkan untuk sangat berhati-hati saat berada disini, mengingat tidak adanya tali pengaman.

Keindahan Alam Punthuk Sukmojoyo
Pemandangannya juga sangat bagus, apalagi kalau cuaca sedang cerah. Sayang waktu saya kemari waktu itu agak mendung, jadi pemandanganya sedikit tertutup. Dari atas punthuk Sukmojoyo pengunjung dapat melihat panorama alam dan berbagai area perbukitan disekitarnya. Karena suasananya yang sangat sejuk dipastikan akan menghilangkan rasa lelah kamu setelah melewati berbagai rintangan untuk sampai ke atas sini.

Di daerah sini terdapat beberapa objek wisata serupa, yakni temanya adalah melihat pemandangan. Yaitu punthuk Kendil, punthuk Mongkrong, dan Pos Mati. Dari masing-masing lokasi tentu saja memiliki keindahanya tersendiri. Objek wisata ini mulai dikembangkan sekitar bulan puasa tahun 2015 yang lalu. Masih terbilang baru ya sob?

Setelah berkunjung kemari anda bisa mencoba objek wisata lain yang masih di sekitar sini. Tadi sudah saya sebutkan diatas ya, dan jangan lupa untuk sampahnya silahkan dibuang ditempat yang sudah disediakan, sehingga kebersihan lokasi ini akan selalu terjaga keindahanya.

10 comments:

  1. Wah tidak sangka ya, ternyata magelang punya keindahan alam seperti ini. πŸ˜‚

    Biaya masuk tergolong murah, cuma 3000 rupiah, awas saja kalau liburan nanti admin gak ngajak saya jalan2 disini πŸ˜ͺ

    Pokoknya nanti bila admin pegang duit, jangan khilap ya.. Cepat buru-buru ajak saya mampir kesini ya πŸ˜‚

    Sebelum disambit sandal admin, sebaiknya ane kabur duluan.. πŸšΆπŸšΆπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Ini sebenere postingan lama kok gan, cuma baru share kemarin. :D

      Delete
  2. Kalau dilihat dari punthuk sukmokoyo, keindahan kota magelang jadi terlihat lebih jelas dan indah,, terasa damai dan bisa nyantai kayak di pantai...

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke Magelang. DUh, jadi pengen nih

    ReplyDelete
  4. Benar juga ya, Mas. Kalau dari punthuk sukmokoyo terlihat lebih jelas. Aku waktu itu ada rencana ke magelang tapi belum jadi, next time semoga bisa.. Keren pemandangannya nih, pengen ke punthuk sukmojoyo juga aku mas..

    ReplyDelete
  5. Benar benar menakjubkan panorama alamnya mas...ngomongin kota Magekang sering saya lewat mas. satu hari bisa dua kali waktu dulu kerja di truk ambil pasir di muntilan...ternyata ada lereng pegunungan seindah itu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ada kok..
      Silahkan kalau mau dicoba :D

      Delete

Powered by Blogger.