Wisata Alam Gunung Kendil / Gupak'an, Cara Asyik Menikmati Keindahan Kota Magelang

Magelang - Mungkin kalau kita membahas objek wisata yang menawarkan pemandangan alam berupa pegunungan di Magelang sudah ada beberapa yang belakangan ini naik daun ya sob, diantaranya ada punthuk Sukmojoyo dan punthuk Mongkrong. Namun selain kedua punthuk tersebut terselip satu tempat yang nggak kalah menarik lok sob. Apa itu? wah pada penasaran nih pasti. Oke, namanya adalah punthuk Kendil.

Di dataran tinggi inilah kita bisa menikmati pemandangan kota Magelang dan hamparan pegunungan yang menjulang. Sebenarnya punthuk kendil adalah objek wisata yang menawarkan panorama alam berupa keindahan matahari terbit. Jadi banyak tuh para pengunjung yang rela datang jauh-jauh demi melihat proses matahari terbit dari sini. Nah, selain itu disini juga kita bisa melihat candi Borobudur secara langsung dari kejauhan. Tentu saja kalau nggak berkabut ya pastinya. Punthuk Kendil juga bisa dikatakan objek wisata yang masih segar karena baru dibuka sekitar tahun 2015 yang lalu dan sekarang menjadi buruan para wisatawan nih entah dari dalam maupun luar Magelang. Hebat ya?

Puthuk Kendil Gupak'an
Karena lokasinya yang nggak jauh dari candi Borobudur, bagi kalian yang baru saja berkunjung ke candi  Borobudur bisa nih mampir kesini sebentar. Karena di sini ada beberapa objek wisata yang bagus dalam satu komplek loh sob makanya sayang banget kalau terlewatkan begitu saja. Terus kalau dari Borobudur lewatnya mana? Dari lokasi candi Borobudur ambil arah ke Jl. Badrawati  kemudian ada perempatan belok kanan, kemudian belok kiri di belokan kekiri nomor 2. Ikuti jalan terus. Sampai sini sudah ada papan penunjuk jalanya, kalau toh nggak ada silahkan tanya ke warga sekitar ya sob.

Medan yang akan kita lalui cukup nyaman dilewati kok sob. Namun saat melewati area perkampungan ada beberapa jalan yang mengalami kerusakan. Tetap hati-hati dan konsentrasi ya pastinya. Nah nanti saat hampir tiba ke lokasi jalanan akan menjadi tanjakan curam serta berkelok-kelok. Untuk sampai ke lokasi ini kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Lokasi parkirnya berbeda ya sob antara mobil dengan sepeda motor. Nanti akan ada papan penunjuknya. Setelah kita sampai disini kita akan disambut dengan keramahan warga sekitar. Mereka akan senantiasa menyambut pengunjung dengan senyuman. Yah pokoknya mantap dah. Jarak antara lokasi parkir dengan wisata alam gunung Kendil ini sangat dekat. Dari lokasi parkiran sepeda motor jalan keatas dengan menaiki beberapa anak tangga saja bahkan nggak sampai 5 menit kita akan sampai ke lokasi.

Untuk biaya tiket masuknya terbilang sangat terjangkau loh sob. Kita hanya perlu membayar tiker masuk Rp.3.000/ orang dan parkir sepeda motor Rp.2.000/ unit. Gimana sob? sangat murah ya?

Objek wisata gunung Kendil ( saat tim kemari ) mempunyai 4 buah bangunan pohon yang sudah tersebar di berbagai titik. Dari atas sini para pengunjung bisa menikmati keindahan kota Magelang. Bahkan dari sini pengunjung juga bisa melihat bagunan candi Borobudur. Banyak para wisatawan senior yang berkunjung kemari demi mengincar pemandangan yang eksotis ini loh sob.

Saat sedang asyik menikmati panorama alam tiba-tiba kami disambut oleh pak Tijab, siapakah beliau?

Beliau adalah pemandu wisata atau istilah kerenya tour guide gitu ya sob. Nah pak Tijab ini orangnya baik dan murah senyum. Ia akan senantiasa menjelaskan apa-apa saja yang ada disekitar sini. Pria kelahiran tahun 1959 ini juga memiliki sanggar seni dan sudah resmi launching ke dunia Unesco loh sob. Wah hebat sekali ya? Pak Tijab memiliki hobi pedalangan, ketoprak, juga seniman Ndulalak. Nah pak Tijab ini asli Samigaluh Kulon Progo. Selain menjadi tour guide pak Tijablah yang membuat ide menjadikan objek wisata ini sob , beliau ini mendesain Punthuk Kendil karena melihat panorama alam berupa matahari terbit. Jadi begini, pak Tijab sudah menerima kunjungan tamu dari PT. Taman Wisata yang mau jalan kaki nabuh ( belajar gamelan ) di tembat beliau. Awalnya mereka membawa tamu kira-kira awal bulan ramadhan ( 2 ramadhan ). Tamu tersebut bilang ke pak Tijab kalau ingin melihat pemandangan sunrise dan sunset, maka dari itu tamu tersebut menyuruh pak Tijab dicarikan gunung yang cocok dan siplah pokoknya. Setelah mencari tak beberapa lama ketemulah di gunung Kendil ini.Dan akhirnya pak Tijab mengumpulkan 15 orang diajak bermusyawarah untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata. Nah nggak mudah loh sob, karena awalnya pemilik tanah nggak memperbolehkanya karena pada waktu itu tanah ini masih ditanami tanaman jagung dan singkong. Setelah berunding lagi dan sudah oke pak Tijab dan kawan-kawan mulai membersihkan kebun, menebang pohon, membuat bangunan rumah pohon satu persatu. Akhirnya setelah satu minggu kemudian orang mulai berdatangan. Dan sampai saat ini terus bertambah. Objek wisata punthuk kendil sendiri dikelola oleh yang punya tanah. Nah, gitu sob ceritanya kok bisa jadi punthuk Kendil seperti yang sekarang ini.

Nah sob wisata giri tengah sendiri ada banyak, namun yang sudah didesain baru beberapa titik. Yaitu Pos mati, Sukmojoyo, Mongkrong, dan Kendil ini sendiri. Pak Tijab sendiri sudah menerima wisatawan lokal maupun mancanegara hampir 5 tahun loh sob. Wah, keren ya?

Dari atas sini akan nampak candi Borobudur yang berada di pertengahan hamparan pegunungan, maka dari itu disebut juga dengan sebutan Mahagelang. Mahagelang itu karena dilingkupi atau dikepung seperti gelang, diantara gunung-gunung yang mengelilingi Borobudur adalah  gunung Merapi, Muntilan ( kota Muntilan ), Pring ( Watu congong ), Sari ( Gulon Jumoyo ), Tirto, Merbabu, Andong, Telomoyo, Selamet, Tidar, Genito Sumbing Sindoro, dan Prahu. Kalau pas musim kemarau matahari akan muncul pas di tengah-tengah gunung Merapi dan Merbabu.

Fasilitas objek wisata gunung Kendil / Gupak'an
- Area parkir yang nyaman
- Mushola ( ada di daerah pemukiman )
- Warung ( dekat lokasi parkir )
- Toilet ( ada di jalan menuju ke lokasi )
- Tempat sampah
- Dan gardu pandang view kota Magelang

Gimana sob, sungguh disayangkan bukan kalau dilewatkan begitu saja? dengan harga tiket yang cukup bersahabat dan keindahan yang ditawarkan, pokoknya nyesel dah kalau nggak mampir. Ohh ya sob bagi para pengunjung yang ingin berkunjung kemari jangan lupa untuk menaati tata tertib yang sudah ada ya. Tata tertibnya udah ditempel di sana kok tenang aja. Bagi yang ingin belajar ilmu pedalangan bisa langsung menghubungi pak Tijab. Jika di lokasi punthuk Kendil tidak ada, bisa tanya rumahnya kepada warga sekitar sob, nggak jauh kok.

No comments

Powered by Blogger.