Header Ads

Si Kembar Dari Magelang, Air terjun Grenjengan Kembar

Magelang - Melihat judul diatas jangan langsung beranggapan kalau yang kembar adalah seorang kakak beradik, melainkan adalah sebutan nama air terjun yang berada di daerah Magelang. Di salah satu tempat di daerah Magelang terdapat satu objek wisata yang super keren, hanya berjarak sekitar 9 Km dari Ketep Pass atau 20 menit dari objek wisata Ketep Pass. Berada di lereng gunung Merbabu dan dikelilingi jajaran pohon pinus membuat objek wisata yang satu ini perlu diperhitungkan kalau di lewatkan begitu saja saat berkunjung ke Magelang.

Grenjengan Kembar | Magelang

Lokasi dan rute menuju ke air terjun grenjengan kembar
Grenjengan Kembar merupakan sebuah air terjun yang berada di dusun Citren, desa munewarang, kecamatan Pakis, kabupaten Magelang. Untuk menuju kemari bukanlah hal yang sulit karena aksesnya sudah beraspal dan sudah ada papan penunjuk arah di setiap tikungan. Untuk  menuju kemari bisa menggunakan rute Salatiga atau Magelang kota. Yang pertama dari Salatiga melalui jalur lingkar Salatiga, dari sini jaraknya sekitar 21 Km dan memakan waktu sekitar 40 menit. Dari pintu masuk selamat datang kota Salatiga ambil arah ke kanan ke jalur lingkar Salatiga, lurus terus kemudian ambil arah ke Kopeng ( di perempatan lampu merah ). Lalu ikuti jalan tersebut sampai ke jl. Magelang - Salatiga. Di jalan ini juga nanti pengunjung akan melihat papan penunjuk arah ke Ketep Pass, kalau Ketep Pass belok kiri, kalau ke grenjengan kembar masih lurus lagi sekitar 10 menit. Dari pertigaan Ketep Pass tadi jalanlah pelan-pelan supaya tahu spanduk yang dipasang di pinggir jalan ke arah grenjengan kembar. Setelah itu, masuk ke kanan jalan. Ikuti papan penunjuk arah yang sudah dipasang. Berikutnya dari Magelang kota. Tepatnya dari alun-alun Magelang berjarak sekitar 21 Km dan memakan waktu kurang lebih 40 menit. Kalau dipikir-pikir sama ya ? dari alun-alun Magelang gunakan jl. A Yani kemudian belok kiri ke jl. Telaga Warna ikuti jalan tersebut sampai ke jl. Magelang - Salatiga. Lurus terus saja nanti juga akan ada papan penunjuk arahnya.

Setelah melalui jalan raya. Tepatnya dari jl. Magelang - Salatiga pengunjung harus melalui jalanan pedesaan sejauh 4 Km atau sekitar 15 menit dari jalan raya. Tenang saja, disini sudah ada papan penunjuk arah ke air terjun grenjengan kembar, sehingga memudahkan para pengunjung yang belum pernah kesini. Terus masalah medan jalananya gimana mas? Medan yang akan kita lalui berupa jalanan aspal yang mulus halus, namun ada beberapa kerusakan walaupun tidak parah. Untuk menuju ke lokasi pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp.3.000/ orang dan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp.2.000/ unit. Murah sekali ya? plus dapat melihat pemandangan yang sangat indah pula. Lokasi parkirnya berada di samping mushola dan juga sudah dipasang tratag ( sejenis atap ). Selanjutnya, kini saatnya kita menjelajahi sesisi objek wisata air terjun grenjengan kembar.

Medan Menuju Grenjengan Kembar
Dari lokasi parkir kita harus berjalan lagi kurang lebih 500 meter agar bisa sampai ke tujuan. Pertama-tama kita akan melewati daerah pemukiman penduduk, kemudian melewati perkebunan. Setelah itu melewati hutan pinus. Ohh ya ada yang unik nih disini, nanti sehabis melewati rumah terakhir akan ada dinding lumut yang unik. Kayak apa mas? Lihat sendiri aja ya. Jalan menuju kesana juga sudah oke. Suasananya sejuk dan segar, sehingga membuat siapa saja yang berjalan menuju ke air terjun semangatnya tidak akan luntur. Di sepanjang jalan juga sudah beberapa warung, sehingga bagi yang ingin mengisi perut bisa beristirahat sejenak disini.

Setelah tiba di lokasi kita pasti terkagum-kagum dengan pesona air terjun grenjengan kembar ini, bagaimana tidak. Dalam satu tempat saja bisa melihat beberapa air terjun sekaligus. Yang unik dari air terjun grenjengan kembar ini adalah diatas air terjun utama masih ada dua air terjun mininya, sehingga terlihat seperti bertingkat. Kedua air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, dan air terjun mini diatasnya memiliki ketinggian sekitar 2 meter. Ditengah-tengah aliran air terjun masing-masing terdapat bongkahan batu yang seolah olah memisahkan aliran air, sehingga terciptalah dua aliran air terjun. Airnya jernih, bersih, dingin, dan segar. Disekelilingnya ditanami pohon pinus yang lebat sehingga membuat suasana disekitar air terjun benar-benar alami. Dibawah aliran air banyak terdapat bebatuan besar. Sedangkan dinding air terjun banyak ditumbuhi tanaman batu dan pohon pakis. Pemandangan air terjunnya paling bagus saat musim penghujan karena kalau musim kemarau katanya airnya akan menyusut dan berkurang, bahkan sampai kering. Beruntung sekali saat tim kesini airnya mengalir dengan cukup deras.

Keindahan Grenjengan Kembar
Jika dilihat antara air terjun satu dan dua sekilas memang mirip, mungkin ini juga alasannya kenapa disebut dengan grenjengan kembar. Walaupun dibilang mirip tentu saja ada keunikannya masing-masing. Bahkan para pengunjung tak segan untuk turun kebawah demi merasakan sensasi dan bermain air. Nah, kalau kamu juga ingin kebawah pastikan berhati-hati saat memijakan kaki karena bebatuan yang ada disekitar air terjun banyak yang berlumut.

Sampai saat ini objek wisata air terjun grenjengan kembar sudah dikelola dengan baik, sudah dibangun pos-pos yang bisa digunakan para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak. Di sekitar jalan menuju ke air terjun juga banyak warga sekitar yang berjualan makanan dan minuman. Jadi bagi pengunjung yang lupa membawa bekal bisa membelinya di dalam objek wisata. Objek wisata ini akan dibanjiri pengunjung saat minggu atau hari libur, jadi bagi para pengunjung yang ingin datang kesini saat hari libur alangkah lebih baik mengalah berangkat lebih awal.

37 comments:

  1. Patut dikunjungi itu mas, curug grenjengan kembarnya, selain masih alami biaya masuk dan parkirnya juga murah sekali tuh cuma 2000 dan 3000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, dengan biaya yang terjangkau dijamin puas kalau berkunjung kemari. Hehehe

      Delete
  2. Indah sekali ya mas air terjunnya, itu fotonya seperti lukisan lho. Dan jalan kearah air terjun juga terasa sejuk karena melewati hutan pinus.
    Gak nyangka ada pemandangan indah disela-sela kota Magelang :)

    ReplyDelete
  3. coba fotonya lebih dari satu, air terjunnya bikin segeerrr :D

    ReplyDelete
  4. Wis, curugnya cantik sekali, bener2 bener cantik, harus di kunjungi nih tempanya ...

    ReplyDelete
  5. Sejuk sekali rasanya kalau sdh tiba disana ya gan!

    ReplyDelete
  6. Air terjun Grenjengan Kembar eksotik banget, itu HTM murah banget mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, maka dari itu kalau ke Magelang jangan sampai lupa mampir ke wisata yang satu ini..

      Delete
  7. Ampun dah kalau ini, hahahhahaha. Tempatnya nggak nahan buat bersantai mas. Kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih keren aslinya mas, silahkan dikunjungi mas. Hehehe

      Delete
  8. Mau sejauh apapun lokasi curugnya pasti bakal di kunjungi sama pencinta curug apalagi MTMA mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, apalagi saya juga termasuk pecinta air terjun. Hehehe

      Delete
  9. meski air terjunnya kecil tapi baguss,, gambarnya kurang banyak masss.. biar seger liatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nanti saya tambahi. Hehehe

      Delete
  10. Wuih keren mas,,,
    Ini letaknya sejajar ya? kalau di Jogja ada air terjun yang seperti ini mas, tapi letaknya depan belakang, hehehe
    Keren bener, baru tahu kalau di Magelang ada air terjun yang seperti ini,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh tuh mas yang di Jogja, kapan-kapan kalau ada waktu tak maen kesitu :D

      Delete
    2. Sieeplah, di tunggu Mas Eksa, :-)

      Delete
  11. Hmmm wisata kaya gini nih ya harus saya kunjungi karena bisa menenangkan hati dan pikiran nih disaat pikiran dan hati sedang tidak karuan sepertinya ini bisa mengatasinya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, bisa refresing sekalian menghirup udara segar pegunungan :D

      Delete
  12. wah kayaknya perlu di cari nih....

    ReplyDelete
  13. Sebagai manusia yang kurang piknik, saya jadi kepingin ke sana. Tapi jauuuh. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tapi dijamin tidak bakalan kecewa kalau kesini :D

      Delete
  14. Wah segernya.. lg panas begini cuaca di Sumatera jd pngen nyemplung dibawah air terjun. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti langsung seger banget ya mbak :D

      Delete
  15. keren mas air terjunnya! untung jalan kesananya udah diaspal, jadi pengunjung nggak susah buat akses kesananya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, lebih mudah dan nyaman. Walaupun nanti pengunjung perlu berjalan kaki lagi untuk bisa sampai tapi tetap saja mantap :D

      Delete
  16. Ternyata tidak cuma gunung yang kembar...
    Air terjun juga bisa kembar ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Wah bisa aja nih mas dedy..

      Delete
  17. Waaah bagus bangeet. Libur panjang besok mau pulkam ke Magelang. Mau coba kunjungi tempat ini aah. Makasih ya artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aslinya Magelang to mbak ?? :D

      Delete
  18. Kita warga Magelang, wajib kesana. Ayo kita nikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yg msh asri. Magelang hebat!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.