Header Ads

Walaupun Abrasi Pantai Sigandu Tetap Mantap

Batang - merupakan salah satu kabupaten yang berada di sebelah Utara Jawa Tengah. Wilayahnya meliputi daerah dataran tinggi di Selatan hingga ke laut Utara. Berbicara tentang laut di Batang ada objek wisata yang dijamin mantap deh sob, apa itu namanya? Bernama Sigandu, objek wisata ini berada di sebelah Utara kabupaten Batang. Pantai Sigandu juga berada tidak jauh dari alun-alun kota Batang, selain itu akses menuju kesana dapat menggunakan jalur pantura Jakarta-Surabaya.

Nah pantai Sigandu ini bukanlah objek wisata baru loh sob, karena menurut informasi yang saya dapat objek wisata ini mulai menjadi kawasan wisata sekitar tahun 2006 lalu, waw sudah lama sekali ya? sudah sampai 10 tahun sekarang. Menurut salah satu karyawan yang bekerja di pantai Sigandu, dahulu kala objek wisata ini sangat indah dan banyak pohon cemaranya. Tapi kini sudah mulai mengikis akibat abrasi, bibir pantai juga semakin memakan daratan sehingga membuat tanaman cemara yang ada disekitarnya mulai berkurang.

Pantai Siganud | Batang
Pantai ini berada di Klidang Lor, Kec. Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51216. Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan jalur pantura Jakarta-Surabaya dengan melewati jalan Raya Subah ( dari Timur ) atau jl. Jendral Sudirman ( dari Barat ). kemudian masuk ke jl. Sultan Agung, lurus terus sampai bertemu persimpangan terakhir ambil yang kanan, kemudian maju sedikit lalu belok kiri, ikuti jalan ini terus maka akan sampai kita ke lokasi pantai Sigandu - Batang.

Untuk masalah medan perjalanan sangat bagus, tapi tetap harus berhati-hati saat melewati jalan pantura karena kondisi disini sangat ramai kendaraan-kendaraan berat. Awalnya saya kira kalau jalan ini bukan jalan menuju pantai, karena saya beranggapan kalau mau ke pantai itu biasanya pemandanganya paling tidak area tambak. Tapi disini beda, kita melewati jalan perkebunan dengan tanah merah. Ya pokoknya enggak ada tanda-tanda mau ke pantailah sob, Itulah uniknya Batang, kondisi wilayahnya merupakan kombinasi antara pegunungan, dataran tinggi, pantai, serta dataran rendah.

Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.3.000/ orang dan tambahan parkir Rp.2.000/ unit kendaraan. Sangat terjangkau ya sobat? Sesampainya disana silahkan parkirkan kendaraan di lokasi yang telah disediakan, ohh ya disini juga ada peraturan bahwa yang memakai seragam sekolah dilarang masuk. Bagus! Semoga objek wisata lain juga menerapkan peraturan yang sama.

Kawasan lokasi wisata pantai Sigandu sangat luas, jadi kamu nggak usah takut kehabisan tempat yang nyaman. Ada juga tempat bersantai yang sudah disediakan pihak pengelola, mirip seperti tempat duduk yang panjang serta dilengkap dengan atap. Sehingga kamu dapat terasa nyaman saat bersantai disini. Tentu saja saat pengunjung duduk di tempat ini harus merogoh kocek lagi, untuk berapanya saya kurang paham soalnya kemarin enggak bersantai disini. Hehehe.. Setiap pengunjung yang pertama kali datang kesini pasti terheran heran melihat setumpukan karung pasir berada di pantai dan berjejeran, apa coba tebak? itu digunakan sebagai pembatas. Sekedar informasi saja pengunjung dilarang mandi atau bermain air disini, demi keamanan. Salah satu faktornya adalah pantai Sigandu kini mengalami abrasi sehingga akan sangat berbahaya bagi para pengunjung, apalagi yang tidak bisa berenang.

Fasilitas yang ada di pantai Sigandu juga sudah lumayan komplit. Apa sajakah diantaranya ?
- Mushola
- Taman Bermain
- Area parkir yang luas
- Rumah makan
- Ruang ganti
- Kamar mandi /Toilet
- Kantin / warung
- Tempat sampah yang cukup

Dengan fasilitas yang cukup lengkap diharapkan dapat membuat pengunjung betah berlama lama disini, Didekat pintu masuk tadi ada juga dermaga atau bisa kita sebut pelabuhan kecil dimana banyak kapal-kapal nelayan yang sedang parkir disini. Selain itu disini ada juga proses pembuatan perahu.

Sehabis berkunjung ke pantai Sigandu jika ada sisa waktu alangkah baiknya jika kita mampir sebentar ke dolphin center yang letaknya tidak jauh dari sini, kemudian ada objek wisata pantai Ujung Negoro yang sudah populer duluan, ada juga pantai cemoro sewu, dan objek-objek wisata pantai baru. Jadi saat kemari kita bisa langsung borong banyak tempat ya sobat? Hahaha.. satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui, satu kali perjalanan objek wisata banyak kita dapati.

44 comments:

  1. Pantai Sigandu Batang sangat menawan, disediakan saran untuk santai menikmati panorama pantai, sambil minum es kelapa muda, mantappp
    tiket murah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomong ngomong udah pernah kesana belum mas ?? :D

      Delete
    2. yo belum to mas, lha gelem ta nganterin klo kesana?

      Delete
  2. ngebahas pantai ga ada abisabisnya yaa .. kerennya yang ga ada abisnya

    ReplyDelete
  3. dimanapun ada pantai, apalagi pantai segadu yang mempesona, pasti kemudian saya akan nyantey kaya di pantey deh nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil berjemur juga nggak mang ?? :D

      Delete
  4. Biaya retribusinya murah ya, fasilitas lengkap ada tempat sholatnya jg

    ReplyDelete
  5. saya dan suami pernah dari Yogya arah pulang naik mobil melintas Batang, tapi gak tahu kalau ada pantai segini bagus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali gan, padahal objek wisatanya tak cuma satu :D

      Delete
  6. ternyata pantai sigadu - batang - jawa tengah memang muantab juga ya. apalagi kalau suasana senja kali ya mas? pasti menarik tuh untuk tempat camping atau rekreasi sekedar menghilangkan kepenatan otak dari berbagai kegiatan. jempol mas pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sayang sekali pas saya kesini tidak sempat menikmati sunsetnya :D

      Delete
  7. oh ya mas...saya tertarik dengan foto pantai yang nomor dua (yang ada caption: Menikmati panorama & keindahan alam pantai Sigandu, Batang). komposisi yang bagus dan cocok kayaknya untuk di cetak besar dan di pajang di ruangan tertentu. saya suka dengan komposisi objek dan termasuk pengambilan sudut pandang gambarnya mas. Kalau berkenan, bolehlah saya di kirimin masternya.
    #berharap

    ReplyDelete
  8. Wah, keren juga nih pantai sigandu, fasilitasnya juga bisa dibilang lengkap,...

    kalau penginapannya ada nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah penginapan saya kurang paham mas. Hehehe

      Delete
  9. Dengan berbagai macam fasilitas tentunya akan memanjakan tiap pengunjung dong ih asik deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sip banget pokoknya :D

      Delete
  10. Unik ya mas,,, yang pakai seragam sekolah aja dilarang masuk. Mungkin maksudnya jika masih jam sekolah para siswa nggak boleh main kesini kali ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, mungkin untuk mengurangi nilai negatif pantainya yang dibuat bolos sekolah kali ya. Hehehe

      Delete
  11. Wiiih pantainya keren banget. Duh jadi pingin ke pantai deh. >,<

    ReplyDelete
  12. Wiih, pantainya masih sepi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya rame gan, ane ambil gambarnya di tempat yang sepi. Hehehe

      Delete
  13. kalau dalam foto ini langitnya nampak lembut, :) indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, aslinya lebih lembut lagi :-)

      Delete
  14. Pemandangan pantai sigandu bantang kelihatannya memang mempesona ya mas,,, tiket masuknya juga termasuk murah, tiga ribu, kalo ke jawa tengah kudu ke sana kayaknya tuh ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, semoga aja lekas ke Jawa Tengah mas :D Hahaha

      Delete
  15. Andai suatu saat bisa ke sana ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. :-) bisa bisa gan, kalau ada usaha dan tekat. Hehehe

      Delete
  16. Ternyata ada pantai seindah ini di daerah yang aku gaktau sana sekali. Bahkan baru dengar kali ini ada daerah bernama Batang. Thanx for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa langsung di cek kesini gan. Hahaha

      Delete
  17. panoramanya indah, sayang banget harus dikotori dengan sampah :(

    ReplyDelete
  18. Waw pantai indah, pasti banyak pengunjungnya, saya juga deket dengan pantai mas, waktu tempuh 1 jam kesan, namanya pantai ipatujah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAh keren tuh mas, udah coba di explore belum ?? :D

      Delete
  19. murah dan bagus, sayang jauhhh hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Mudah mudahan kesampaian ya mbak kesini :D

      Delete
  20. Aku blum pernah mlipir ke batang nih, keknya jateng bagian ini kpn kpn wajib disisir nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja tercapai keinginanya mbak :D

      Delete
  21. Tiket masuknya murah. Pantainya masih rada2 sepi yah. Itu yang asyik. Kalo rame mah gak asyik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak asalkan tidak sepi sekali tidak masalah :D

      Delete

Powered by Blogger.