Curug Titang, Air Terjun Tersembunyi Di Temanggung

Temanggung - Memang nama curug titang belum begitu populer dikalangan masyarakat. Mungkin karena letaknya yang tersembunyi banyak yang kurang tau mengenai keberadaan ini. Terlepas dari keberadaanya yang tersembunyi curug titang memiliki keindahan yang tak boleh kita lupakan begitu saja.

Curug titang sendiri berada di dusun Durenan, desa Tembarak, kecamatan Tembarak, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Akses menuju kemari juga tidak terlalu sulit. Dari alun-alun Temanggung kita hanya memerlukan waktu sekitar 11 menit atau sekitar 5 Km melalui jl. Pahlawan tanpa macet. Jika dari objek wisata alam lembah Sindoro Posong berjarak sekitar 26 Km dan memakan waktu sekitar 50 menit tanpa macet. Akses paling mudah adalah dari alun-alun Temanggung, dari situ kita ambil arah ke Selatan dengan melewati jl. Pahlawan. Lurus saja terus sampai ke Durenan, di situ cobalah cari warga sekitar dan silahkan tanya kepada mereka mengenai keberadaan curug titang.

Medan yang akan kita lalui cukup baik, berupa jalanan beraspal halus mulus dan nyaman dilewati, namun saat hampir sampai jalanan akan berubah menjadi jalan yang berbatu rapi. Tenang saja jalan berbatunya tidak jauh-jauh amat sob. Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan sepeda dan sepeda motor, Lah cuma bisa pakai sepeda motor mas? iya sob soalnya kalau mau pakai mobil mungkin nanti agak susah ya cari tempat parkirnya, soalnya parkirnya masih didepan halaman rumah warga sih.

Curug Titang Temanggung
Setelah memarkirkan kendaraan kita bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju ke curug titang. Loh, nggak bayar tiket masuk dulu mas? disini belum ada tiket masuknya sob, jadi setelah parkir yang langsung aja ke lokasi. Jarak antara lokasi curug dengan parkir lumayan dekat hanya sekita 500 meter. Dengan medan yang baik. Pertama-tama kita akan melewati jalan perkebunan, nanti akan ada persimpangan ambil kiri, kemudian melewati jembatan. Ambil kiri lagi. Kemudian lurus saja terus mengikuti jalan yang sudah cor nanti akan sampai sendiri ke lokasi curug titang. Syukurlah udah sampai? Lah, jangan senang dulu ya sob karena masih akan menuruni 100 lebih anak tangga agar bisa kebawah. Serius mas? Tenang, tangganya sudah dicor dan ada peganganya.

Disini ada dua tempat yang bagus sebagai tempat pandang. Diatas air terjun dan dibawah air terjun. Keduanya sama-sama indah, jadi terserah kamu mau yang atas dulu atau yang bawah dulu. Curug titang bukanlah tempat yang baru ditemukan loh sob, keberadaanya sudah diketahui masyarakat sejak dulu. Curug titang memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dengan debit air yang lumayan deras. Curug ini berada di sungai Lungge. Sedangkan dibawahnya terdapat kolam, seperti penampungan air sebelum airnya mengalir lagi ke aliran sungai lungge. Disebelah kolam terdapat rongga-rongga seperti gua, ciri khas alam yang ditawarkan juga sangat menarik. Diatas maupun dibawah curug banyak terdapat bebatuan, mulai dari yang sedang hingga yang besar. Disekelilingnya ditumbuhi pohon bambu yang cukup rimbun dan berbagai tumbuhan lainya.

Fenomena Pelangi Di Curug Titang
Jika cuaca sedang cerah maka akan ada fenomena berupa biasan cahaya pelangi loh sob, gambar diatas adalah sebuah pemandangan pelangi di atas aliran curug titang. Wah dapat bonus ya kalau pas ada momen pelangi kayak gini. Namun sayang sekali di sepanjang aliran sungai masih ada beberapa sampah yang mengganggu keindahan. Rata-rata pengunjung yang datang adalah para siswa yang pulang sekolah. Mereka biasanya mandi dan bermain air disini untuk menyegarkan diri. Menurut informasi selain digunakan sebagi objek wisata aliran sungai Lungge yang cukup deras juga digunakan sebagai olahraga rapting.

Yang nggak kalah penting adalah masalah makanan dan minuman. Silahkan bawa bekal sendiri dari rumah ya sob, atau jajan. Atau kalau lupa bisa cari warung di sekitar desa, yah karena area curug nggak ada penjual jajanan. Untuk masalah tempat ibadah mushola / masjid juga silahkan cari di sekitar desa. Toilet dan tempat ganti pakaian juga belum ada. Jadi nggak ada fasilitasnya sama sekali nih mas? Iya sih sob, karena untuk saat ini belum ada pengembangan sarana dan prasarana tempat ini. Nah, yang tadi bawa makanan jangan lupa untuk menyimpan sampah makanannya ya, karena disini juga tidak ada tempat sampah, mohon untuk sadar diri kalau tidak bisa merawat minimal tidak mengotori. Buang nanti kalau pulang kalau ketemu dengan tempat sampah, agar curug titang menjadi lebih bersih dan semakin banyak peminatnya.

2 comments:

  1. Sudah lama saya tidak berkunjung ke tempat air terjun. Pastinya nyaman dan tenang kalau ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak makanya ayo buruan main ke air terjun :D

      Delete

Powered by Blogger.