Header Ads

Kesejukan Objek Wisata Umbul Sidomukti Di Lereng Gunung Ungaran

Semarang - Umbul sidomukti merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di daerah lereng gunung Ungaran. Objek wisata ini semakin hari semakin terkenal dan semakin ramai dikunjungi. Selain udara yang sejuk serta panorama alam yang super keren serta memanjakan mata membuat banyak orang penasaran ingin berkunjung kemari. Nah sob objek wisata umbul sidomukti nggak begitu jauh jaraknya dari objek wisata candi gedong songo. Sebagaimana yang kita tahu candi gedong songo kini sudah go internasional loh, sehingga nggak ada salahnya bagi para pengunjung yang habis dari gedong songo mampir sebentar ke umbul sidomukti, atau sebaliknya.

Objek wisata umbul sidomukti selalu dibanjiri oleh para wisatawan di hari biasa maupun disaat akhir pekan. Yang menjadikan tempat ini selalu ramai adalah banyak fasilitas hiburanya. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Wah komplit ya sob?

Sejuknya Umbul Sidomukti
Lokasi umbul sidomukti
Umbul sido mukti berada di desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Nah untuk menuju kesana ada beberapa rute yang bisa kita lewati sob, yang pertama melalui jalur Kendal / Semarang dengan menggunakan jalur Limbangan kemudian Sumowono, saat sampai di pasar Bandungan ambil arah ke Semarang. Saat sampai di jl.Kalimosodo tepatnya di dekat pasar nanti ada gapura di kiri jalan masuk saja dan ikuti petunjuk arah yang ada. Nanti akan sampai sendiri ke lokasi. Yang kedua dari arah Salatiga - Ungaran. Pertama-tama ambil arah menuju ke pemancingan Jimbaran. Dari situ lurus saja terus sampai pasar di jl.Kalimosodo masuk ke gapura di kanan jalan setelah pasar kemudian ikuti petunjuk yang ada. Jarak antara lokasi jl.Kalimosodo dan lokasi umbul sidomukti kurang lebih 1 - 2 Km. Untuk menuju kemari pengunjung bisa menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, dan truk.

Terus medanya gimana nih mas? Setelah melewati rute diatas kini pengunjung harus bersiap siap melewati daerah perkampungan penduduk dengan medan yang menajak. Saat melewati trek ini disarankan pengunjung berhati hati dan berkonsentrasi, apalagi yang membawa kendaraan roda empat lebih susah lagi saat berpapasan dengan mobil lain, maklum saja sob jalan perkampungan. Jangan lupa cek keadaan rem kendaraan juga ya sob karena nanti pulang sudah medanya berlawanan saat mau berangkat tadi. Di setiap persimpangan di perkampungan juga sudah dipasangi papan-papan penunjuk arah ke umbul sidomukti, jadi bagi para pengunjung yang baru pertama kemari tinggal ikuti saja papan petunjuk arahnya. Mudah kan ya?

Setelah melewati trek yang menegangkan kurang lebih setengah kilo akhirnya sampailah kita ke umbul sidomukti. Sebelum memasuki gerbang pengunjung akan dimintai tiket masuk sebesar Rp.2.000/ sepeda motor. Setelah itu dari lokasi tiket pertama tinggal turun sedikit ke parkiran untuk memarkirkan sepeda motor. Lalu di dekat parkiran masih ada lagi tiket masuk kedua. Yang ini dikenakan biaya Rp.10.000/ orang. Sangat terjangkau pastinya?

Para pengunjung perlu berjalan kurang lebih 300 meter untuk bisa sampai lokasi umbul sidomukti, tapi tenang saja sob di lokasi ini nggak hanya umbulnya saja yang bisa diincar melainkan banyak objek-objek dan wahana menarik yang bisa di mainkan. Seperti wisata naik kuda misalnya. Disini sudah disiapkan banyak kuda yang siap mengantarkan para pengunjung jalan-jalan ke area umbul sidomukti, tarifnya mulai dari Rp.15.000 hingga Rp.100.000, tergantung jarak dan waktu ya sob.

Gambar diatas adalah gambar pemandian atau kolam mata air sidomukti. Nah disini ada dua kolam loh sob, dengan kedalaman yang berbeda pastinya. Yang pertama memiliki kedalaman 1,6 meter dan yang kedua 1,3 meter. Tentunya asyik ya sob bisa mandi di lereng gunung, apalagi para pengunjung bisa mandi disini sepuasnya. Bayangkan saja rasanya mandi di kolam mata air yang berada di lereng gunung Ungaran serta dibawahnya terdapat banyak sekali pemandangan indah yang memanjakan mata, bisa dobel ya nikmatnya. Pemandian ini dibagi menjadi dua, yakni diatas dan dibawah. Yang atas untuk dewasa dan yang bawah untuk anak-anak. Walaupun terbilang tidak terlalu besar namun airnya sangat sejuk dan segar sob. Jika kamu ingin bermain air disini disarankan untuk datang kemari pagi-pagi karena masih belum terlalu ramai, jika sudah agak siang sekitar pukul 09.00 maka kolam ini mulai ramai diserbu para pengunjung, ya tau sendirilah rasanya pasti sesak banget kan kalau berenang di tempat yang ramai. Untuk masalah ruang ganti dan bilas berada di sebelah kanan kolam didekat resto dan gazebo. Jangan lupa untuk membawa pakaian renang dan pakaian ganti kalau berenang disini ya sob.

Setelah puas bermain air di umbul ayo kita jalan-jalan lagi sob.
Disebelah bawah kolam ada jalan setapak kecil untuk menuju ke area camping ground. Di ujungnya ada sebuah lahan kosong bertuliskan Umbul Sidomukti. Di area inilah tempat berakhirnya wahana permainan flying fox tunggal dan bareng-bareng. Bedanya Kalau flying fox tunggal hanya satu orang saja yang meluncur dari atas sedangkan yang bareng-bareng ada sebuah tempat kotak yang digantung kemudian diisi seseuai kapasitas maksimal lalu meluncur bareng-bareng, gitu sob.

Segernya Sidomukti
Disini nggak cuma wisata diatas saja loh sob, karena masih banyak permainan lain seperti ATV. Tau sendiri ya sob, itu loh permainan mobil mobilan layaknya mobil trail. Kemudian ada fasilitas seperti camping ground. Untuk masalah harga wahana permainan saya tidak menyebutkanya karena dapat berubah sewaktu waktu. Kemudian untuk fasilitas umum yang ada di umbul sidomukti juga lengkap, diantaranya ada:
1. Mushola yang nyaman
2. Toilet yang bersih
3. Area parkir yang luas
4. Rumah makan yang nyaman ( di sebelah kolam )
5. Tempat sampah
6. Kantin luar ( dekat parkiran )
7. Lapangan api unggun

Untuk wahana permainannya sendiri ada
1. Naik kuda
2. Flying fox lembah, rasakan sensasi meluncur sepanjang 110 meter, diatas ketinggian 70 meter.
3. Flying fox terusan, hampir sama dengan yang diatas namun yang ini bisa dinikmati dengan 2 orang dengan panjang sejauh 110 meter dan diatas ketinggian 160 meter.
3. ATV sport
4. Marine Bridge / Jembatan gantung. Rasakan sensasi menyebrangi jembatan gantung diatas ketinggian 30 meter dan sepanjang 50 meter.
5. Camping ground
6. River up trekking
7. Taman berani
8. Repelling
9. Outbound Program

Objek wisata umbul sidomukti bukanlah wisata baru loh sob, menurut narasumber umbul ( mata air ) sidomukti sudah diketahui warga lebih dari 10 tahun yang lalu. Dari situlah muncul ide untuk dijadikan tempat wisata. Karena dulu wilayah ini adalah wilayah perkebunan dan lahan pertanian, banyak para petani yang tidak setuju atau keberatan kalau lahan mereka dijadikan tempat wisata. Setelah mendapatkan Kesepakatan dan persetujuan bersama akhirnya mulailah dikembangkan umbul sidomukti menjadi kawasan wisata. Sampai saat ini (2016) objek wisata  sidomukti masih dalam tahap pengembangan dan belum 100% selesai.

Jangan buru-buru pulang dulu ya sob setelah ke umbul karena diatasnya lagi masih ada wisata pondok kebun kopi dan goa tirta mulya. Untuk menuju kemari dari lokasi objek wisata umbul sidomukti lurus terus ketas hingga ujung jalan, nanti akan sampailah ke lokasi yang dimaksud. Memang sampai saat ini desa sidomukti sedang gencar gencarnya mengembangkan kawasan wisata sehingga tak heran banyak objek wisata baru yang mulai hadir disini.

52 comments:

  1. sungguh sangat indah dan mempesona banget pemandangan Umbul Sidomukti teh ya...pegunungan hampir sama dengan Desa Cilembu kayanya mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kuat sewa kudanya. Jalan kaki sajalah biar hemat.

      Delete
    2. baru ngeh jika Umbul Sidomukti(fotopertama) itu sama fungsi dan tugasnya dengan Embung di Sumedang

      Delete
    3. emangnya di cilembu saja mang. di saya juga ada mas. BW dulu mas.

      Delete
  2. wah, baru tahu saya kalo di semarang ada lokasi wisaata ini

    taunya cuma batu raden aja

    salam kenal ya, blognya keren, sudah saya folow juga. folbek yo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali ya mbak :D
      Oke langsung menuju ke lokasi...

      Delete
  3. itu pemandiannya ciamik bener. dipinggiran tebing gitu yah. view fotonya kekinian banget tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, dijamin seger dan seru kalau mandi disini..
      apalagi mandi di siang bolong :D

      Delete
  4. Foto di Umbul Sidomukti emang bagus pemandangannya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw masnya udah pernah maen kesini belum ??

      Delete
  5. Itu gimana ya rasanya bermain flyingfox, belum apa-apa udah gemetaran banget nih haha dasar cemen kalau liat arena permaian yang diatas ketinggian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya sendiri juga kurang tahu mbak, soalnya saya juga ragu-ragu kalau main yang kayak beginian :D

      Delete
    2. Kirain udah pernah nyobain hihi, takut tapi penasaran sih naiknya sembari merem aja kali ya mas haha.

      Delete
    3. Iya kali ya mbak :D tapi kalau merem gak ada sensasinya dong. Hahahaha :D
      Oke, silahkan mencoba mbak, nanti ditunggu pengalamannya di tulisan. hehehe :p

      Delete
  6. pemandangannya tjakep. boleh nih kalo mampir ke semarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan silahkan mampir kemari ya ..

      Delete
  7. Fasilitas hiburannya komplit ya, untuk segala macam usia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan silahkan berkunjung supaya lebih puas lagi ..

      Delete
  8. hik hik hik
    liat foto2nya bikin mupeng...

    sayangnya jauh pake banget, coba kalo masih di sekitaran jabodetabek :)
    #eaaa

    btw, taman berani apaan tuh mas?
    kayak labirin gitu bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mas, ya kurang lebih seperti wahana diatas mas kayak flying fox .. Hehe

      Delete
  9. Wisata naik kuda ada? Wiih asyik tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga mbak, kalau tidak mau capek capek bisa sewa kuda :D

      Delete
  10. pemandiannya kereeennn bangeeetttt, kayak infinity pool

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan silahkan berkunjung untuk lebih puasnya lagi :D

      Delete
  11. Wiiiih bagus banget ini mah .... Mau ke sini ....

    ReplyDelete
  12. Baca trek medannya jadi takut kesana. Serem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak juga sih mas, yang penting drivernya berpengalaman aja :D Hehehe

      Delete
  13. Saya kira di bali loh mas, pas lihat foto kolam pemandiannya hehe..
    tiket masuknya murah banget itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tiketnya murah dan viewnya enggak kalah sama yang di Bali :D Hehehe

      Delete
  14. nice review, bro. dekat sama kota semarangnya kah?
    worth it sih kayaknya kalau kita berkaca dari harga tiket dan apa yang bisa diapatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini masih masuk Semarang mas, iya mas mumpung masih murah silahkan berkunjung :D

      Delete
  15. tempatnya strategis, nyaman kolamrenangnya idah oi..mantap. bW mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah, silahkan mampir ya mas kalau ada waktu :D
      Oke langsung menuju ke lokasi...

      Delete
  16. eh ini disemaarang yah, kok ada yah, aku baru tau e mas. nanti deh kapan kapan tak sempetin kesaana

    ReplyDelete
  17. Komplit banget ya kang hiburannya mulai dari anak-anak sampai orang tua ada :) apalagi selalu ramai pengunjung di jamin asik deh pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas mantap buat refresing :D

      Delete
  18. Lihat pemandangannya langsung mupeng. Sepertinya anak-anak saya juga bakalan juga, nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakalan suka maksutnya mbak ?? :D

      Delete
  19. Pemandangan kolam renangnya itu bagus banget ya.

    ReplyDelete
  20. Keren ini. Tahun lalu saya ke Semarang, tapi karena cuma sehari, ya jelajah dalam kota aja. Makasih ya Eksa, ntar kalau ke Semarang lagi, masukin ke dalam daftar, deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, silahkan mbak..
      sayang banget kalau ke Semarang sampai terlewatkan begitu saja :D

      Delete
  21. kolamnya keren banget itu... dalam gak sih? itu sepi nggak ada yang berenang atau gimana? kolamnya keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah saya jelaskan kedalamanya mbak..
      rame kok mbak cuma saya standby nunggu sepi baru motret. Hehehe

      Delete
  22. saya sering dengar umbul sidomukti, apalagi pas baca artikel dan foto2 di blog ini jadi bikin penasaran :)

    *suatu saat kalo ke semarang, pengen mampir ah...

    ReplyDelete
  23. Wih umbulnya kereeen. Berasa di alam banget

    ReplyDelete
  24. ini tempat ngehits banget di IG maupun path, aku belum pernah kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus loh mbak, silahkan berkunjung biar lebih mantap :D

      Delete

Powered by Blogger.