Header Ads

Candi Ngempon, Diantara Keramaian Bergas

Semarang - Berbicara masalah candi yang ada di Semarang pasti banyak diantara kita langsung tertuju dengan candi gedong songo. Nggak salah sih, memang salah satu ikon candi Semarang tersebut kini semakin populer dan sudah go internasional. Padahal selain candi gedong songo Semarang juga memiliki situs dan bangunan candi lain yang tidak kalah menarik. Beberapa diantara candi yang belum populer mungkin kedengaran asing bagi publik terutama adalah nama candi Ngempon.

Berbeda dengan candi gedong songo yang berada di lereng gunung Ungaran, candi ngempon justru berada di tengah tengah area persawahan dan dekat dengan pemukiman penduduk. Jarak dari jalur pantura Semarang juga tidak terlalu jauh. Sehingga membuat candi ngempon lebih mudah untuk dikunjungi.

Keberadaan candi ngempon ini sudah lama diketahui oleh masyarakat sekitar. Mengutip dihalaman w!k!pedia pada tahun 1952 yang lalu konon katanya awal mula diketemukan candi ngempon berawal dari seorang petani yang mencangkul di sawah. Tanpa disengaja ia menemukan sebuah ketela rambat #Plakk.. #Ngawur! batu andesit maksudnya, semakin lama mencangkul ia semakin menemukan banyak batu. Saat ditemukan keberadaan candi ini berada di longsoran tanah, jadi terkubur gitu ya sob. Pada tahun 1952 juga dinas purbakala menyusun candi dari batu batu reruntuhan tersebut. Nah pada tahun 2006 balai pelestarian peninggalan purbakala Jawa Tengah menyusun kembali candi tersebut dengan ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya.

Candi Ngempon - Bergas | Semarang
Lokasi candi Ngempon
Candi ngempon berada di Ngempon, Bergas, Semarang, Jawa Tengah 50552

Rute menuju candi Ngempon
Untuk menuju kemari bukanlah hal yang sulit, apalagi jika kita dari arah Semarang kota. Saat melewati jl.Karang Jati masuk kedalam jalan persis sesudah pasar karang jati, yakni sebelum memasuki jl.Semarang-Surakarta. Dari sana lurus saja terus ikuti jalan dengan melewati jl.Pringapus Karang Jati. Kemudian ikuti petunjuk arah yang sudah terpasang, maka sampailah kita ke lokasi tujuan. Untuk menuju ke candi ngempon dapat menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Ohh ya kalau masih bingung silahkan tanya kepada warga sekitar.

Saat melewati jalur pantura keadaan jalanan sangat mulus, halus, dan nyaman dilewati. Kemudian saat memasuki jalan perkampungan jalan masih tetap bagus walaupun ada sedikit kerusakan. Saat hendak sampai ke lokasi akan ada pos penjagaan pertama. Disini kita harus membayar Rp.2.000/sepeda motor. Sungguh sangat terjangkau sekali ya sob? Setelah itu kita musti kembali melanjutkan perjalanan kurang lebih 200 meter dengan jalan kaki maka sampailah kita ke lokasi candi Ngempon.

Lokasi parkir candi Ngempon juga sangat nyaman karena sudah diberi atap. Sedangkan untuk mobil juga lumayan luas. Adapun biaya parkir bagi sepeda motor sebesar Rp.2.000/kendaraan dan untuk mobil adalah Rp.3.000/mobil.

Setelah membayar tiket masuk kini saatnya kita menjelajahi lokasi wisata Bergas ini. Pertama tama kita akan melewati pemandian air hangat Derekan. Dimana pemandian ini terbuka untuk umum dan terpisah antara laki-laki dengan perempuan. Pemandian Derekan juga menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung. Ma'af ya sob, masalah pemandian nggak pakai gambar soalnya nggak enak kan ada orang mandi terus kita ambil gambar begitu aja. Hehehe.. Jika kamu ingin langsung menuju ke candi tinggal ikuti papan penunjuk arah yang ada musti melewati jembatan dengan menyebrangi Kali Lo terlebih dahulu. Kali ini sekaligus adalah pembatas wisata pemandian air hangat dan wisata candi. Setelah melewati jembatan kita harus berjalan ( lagi ) sebentar melewati area persawahan sebelum sampai ke lokasi candi. Dari jembatan kali lo pun sebenarnya candi Ngempon sudah terlihat dari kejauhan.

Nama lain dari Candi Ngempon adalah candi Muncul. Jika dilihat dari arsitekturnya yaitu pada bagian kaki yang terdiri dari genta dan pelipit lurus, diperkirakan candi Ngempon sejaman dengan candi gedong songo, yakni pada abad XII - XIII Masehi.

Walaupun ada beberapa diantaranya yang belum berbentuk candi ( hanya bebatuan yang ditata ) namun tidak mengurangi keindahan candi ngempon ini loh sob. Di sekitar area candi sudah disediakan banyak tempat sampah, sehingga pengunjung yang kemari diharapkan selalu memperhatikan kebersihan area candi dengan membuang sampah pada tempatnya. Disekelilingnya juga sudah diberi pagar pembatas. Yang nggak kalah menarik adalah di sebelah bangunan candi ini ada taman kecil dengan hiasan tanaman yang indah seperti rumput, pepohonan ( nggak banyak ) dan bunga-bunga. Biar makin sejuk dan berteduh bagi para pengunjung pastinya? Hahaha.. Disudut candi juga ada papan informasi mengenai sejarah candi Ngempon sob, jadi kalau kamu penasaran dan ingin menambah wawasan silahkan baca-baca disini #Gratis!.

Fasilitas lain objek wisata candi Ngempon
- Mushola
- Kantin
- Ruang ganti
- Toilet
Semua fasilitas diatas berada di dekat pemandian air hangatnya, sedangkan di lokasi candi hanya terdapat toilet dan tempat sampah.

Dengan keadaan dan fasilitas yang cukup memadai tidak ada salahnya bagi yang bepergian melewati jalur pasar Karang Jati untuk mampir sejenak untuk melihat candi Ngempon. Dengan biaya yang sangat murah dan terjangkau pengunjung bebas berada di sini sepuasnya.

Objek wisata candi Ngempon memang dobel plusnya ya sob? karena kita bisa menikmati kesegaran objek wisata pemandian air hangat dan dapat bonus melihat peninggalan sejarah yang cukup unik dan menarik. Bagi yang ingin belajar mengenai sejarah dan peninggalan purbakala candi Ngempon bisa menjadi salah satu tempat belajar yang bagus.

45 comments:

  1. syang disayang anak cucu Bapak petani yang menemukan Candi Ngempon ini keberadaannya kurang di perhatiakan...ya kang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah itu saya kurang paham mas :D

      Delete
    2. cari tau atuh...sok nanti kalau udah tau di posting lagi, lalu tunggu transferan dari saya...gimana?

      Delete
    3. Wah ente aja gimana mas, saya transfer dua kali dah ?? :D

      Delete
  2. Ternyata di Indonesia banyak banget terdapat Candi ya...
    Saya baru tahu, kalau di Semarang juga ada Candi...
    Namanya unik ya... Candi Ngempon... hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sebenarnya di Semarang ada beberapa candi namun yang paling top adalah candi gedong songo, karena berada di lereng gunung Ungaran :D

      Delete
  3. saya suka wisata sejarah, klo ke semarang mesti berkunjung ke candi ngempon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus ini mas jangan sampai terlewatkan :D

      Delete
  4. Iya ew mas,,, aku tahunya sebelumnya cuman Candi Gedung Songo saja. Tapi setelah baca ini, tambah tahu kalau ada Candi Ngempon. Kapan - kapan bisa ah berkunjung kesini. Lanjutkan mas eksa eksplorer Semarangnya :-)

    ReplyDelete
  5. cocok buat belajar sejarah ya mas. kalo belajar di kelas itu jenuh kalo di sini kayanya enak seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas karena berada di daerah persawahan :D

      Delete
  6. masih terjaga dan masih alamai sekali ya gan.... begitu banyak pninggalan sejarah di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan maka dari itu .. :D
      saya yakin masih banyak peninggalan sejarah yang belum terexplore..

      Delete
  7. candi Ngempon masih asing di telinga saya, ternyata masih banyak candi yang tidak terlalu terekspos oleh media, objek wisata yang murah, bisa mengetahui peninggalan sejarah secara langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ,, masih kalah eksis dengan candi candi lain di Indonesia :D

      Delete
  8. Weee ada macem2 ternyata di Semarang. Candi booo, murah lagi tiketnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dan harus dikunjungi deh kayaknya :D

      Delete
  9. terakhir saya ke Semarang tahun 2004 yang lalu. Sudah lama memang Hiehiheiee. Wah jadi kangen ke Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah 10 tahun lebih ya mas,, harus kesini lagi mas kayaknya. Hahaha

      Delete
  10. candinya agak "mini" ya hehehe, kapan2 kalo ke semarang aku coba mampir kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, coba aja mampir lumayan buat liburan murah :D

      Delete
  11. Ternyata di Semarang banyak juga candi2nya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak cuma yang paling terkenal kan candi gedong songonya :D

      Delete
  12. Kemarin sempat main ke semarang... tp ngk tau klu ada candi ini..
    Semoga suatu saat^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali ya gan..
      mudah mudahan kapan kapan bisa main kesini :-)

      Delete
  13. Jadi bangga,,,
    Begitu banyak tempat keren kayak gini di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, di Indonesia ada banyak sekali tempat tempat menarik dan asyik untuk dikunjungi :D

      Delete
  14. Memang candi ngempon itu belum populer, tetapi pemandangannya juga cantik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sip betul betul gan :D walaupun kepopuleranya masih kalah sama wisata lain di Semarang

      Delete
    2. tapi setidaknya dia punya daya tarik tersendiri. :D

      Delete
  15. waa bsa masuk list kunjungan di semarang, saya belum pernah ke semarang nih mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Makanya main dong mbak ke Semarang :D

      Delete
  16. Sebelum sebelumnya saya belum pernah kang berlibur ke candi waktu itu mau berlibur ke candi borobudur tapi masih kerja jadi batal deh pergi ke candinya tapi ini candi ngempon bagus juga ya kang,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kenapa batal kang? sayang banget pasti ya..

      Delete
  17. candi cuma 4 aja ya mas? unik jg yaa bangunan candinya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak punya ciri khas pastinya :D

      Delete
  18. foto-fotoya keren, pakai kamera apaan mas...

    ReplyDelete
  19. wah kece juga ya mas candinya keren dah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir juga ya mas kalau ke Semarang :D

      Delete
  20. aku yg orang semarang malah ga tau ada ini

    ReplyDelete

Powered by Blogger.