Header Ads

Goa Rong View Tlogo Tuntang, Wisata Goa Dan Resort Di Salatiga

Salatiga - Berawal saat kemarin jalan-jalan terus lihat spanduk di pinggir jalan arah ke goa rong membuat saya penasaran ingin melihat seperti apa sih goa rong itu. Setelah ada waktu luang langsung saja deh cek ke lokasi.

Goa rong adalah sebutan nama tempat wisata didaerah Tuntang. Yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dari goa rong ternyata bukanlah goanya langsung, melainkan tempat gardu pandang yang sangat indah. Goa rong sendiri berada di puncak bukit dibawah gardu pandang, dari gardu kita dapat melihat keindahan danau rawa pening, jajaran pegunungan seperti gunung Telomoyo, Ungaran, Merbabu, dan berbagai hamparan perbukitan disekitarnya. Dari atas sini juga kita bisa melihat keramaian jalan raya daerah Salatiga, nggak sampai disitu saja sob, pemandangan perkampungan dibawahnya juga tidak boleh dipandang sebelah mata loh. Hlah mas, kalau mau ke goanya lewat mana ya? Goanya berada dibawah view, untuk menuju goa pengunjung harus menapakan kaki menyusuri puluhan anak tangga terlebih dahulu.


Pemandangan Goa Rong
Lokasi goa rong view tlogo Tuntang
Goa rong berada di Jl. Raya Tuntang-Beringin KM 2, Desa Delik, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menuju kemari bukanlah hal sulit sob karena sekarang sudah ada spanduk besar penunjuk arah menuju ke goa rong. Jika dari arah Semarang lewatlah jalur pantura Solo / Yogya dengan melewati Salatiga. Setelah melewati kebun kopi Banaran lurus terus sampai melewati jembatan besar. Kemudian masuk jalan di sebelah kiri setelah jembatan persis. Dari situ ikuti saja jalan yang ada lurus terus kurang lebih 5 Km sampai ada spanduk yang menandakan goa rong view di kanan jalan. Kemudian ikuti saja petunjuk arah yang ada yang menunjukan goa rong. Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan sepeda motor, mobil, dan mini bus.

Jalan untuk menuju kesana cukup baik dan bagus kok sob. Setelah meninggalkan jalur pantura kita akan melewati jalan menanjak dan berliku liku. Sampai hampir dekat dengan lokasi, jalanan semakin menanjak dan semakin berkelok kelok, namun disepanjang jalan kita langsung dapat melihat keindahan yang ada dibawahnya, pemandanganya bikin ngiler loh sob. Setelah melewati pos karcis pengunjung akan melewati perkebunan karet yang rindang. Karena berada di daerah perbukitan maka udara dan hawa yang ada disini terasa sangat sejuk dan segar, apalagi kalau kita kesini pas pagi hari.

Harga tiket masuk ke Goa Rong Tlogo Resort - Tuntang

(  Desember 2015 )
Tiket masuk hari biasa : Rp.3.000/orang
Tiket masuk ( hari libur & sabtu minggu ) : Rp.5.000/orang
Parkir sepeda motor : Rp.2.000/unit
Mobil : Rp.4.000/unit

Gimana sob? murah ya pasti? Setelah memarkirkan kendaraan kita akan melihat berbagai aneka taman bermain. Sepertinya ini sangat cocok bagi pengunjung yang membawa anak kecil deh. Di area taman ini juga ada sangkar burung parkit dan kelinci yang lucu-lucu. Setelah melewati taman bermain kita akan langsung dapat melihat keindahan pemandangan dari atas dengan tulisan "Goa Rong View Tlogo Tuntang" seperti pada gambar diatas. Disampingnya terdapat tempat makan yang apabila pengunjung makan disini dapat merasakan sensasi makan diatas puncak bukit dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Mas saya penasaran dengan goanya nih, ajak dong?

Sabar sob, Jika kamu ingin mengunjungi atau melihat seperti apa goanya, caranya kamu bisa pergi ke sebelah kanan dari rumah makan, disana akan anak tangga yang siap menyapa kamu. Siapin tenaga yang maksimal ya sob. Nah, dari sana ikuti terus anak tangganya turun kebawah maka akan sampailah ke goa rongnya.

Keindahan Alam Goa Rong
Banyak nggak mas anak tangganya? ya lumayan juga sih, untuk jaga-jaga silahkan bawa bekal ya sob. Nah yang nggak kalah penting adalah harap berhati-hati saat menapakan kaki di anak tangganya ya sob karena tangganya sangat curam dan belum ada pengaman seperti pegangan atau penyangga, selain itu ada beberapa anak tangga yang rusak pula. Pemandanganya kayak gambar diatas itu ya mas? Iya betul sob. Wah jadi semakin semangat menyusuri anak tangga nih. Pemandanganya berupa panorama alam pedesaan yang ada di bawah goa rong. Amazing ya sob?

Setelah melewati medan yang cukup melelahkan tibalah kita ke lokasi utama. Goanya memang nggak terlalu besar sih sob dan buntu. Ohh saya kira besar gitu mas? Ini bisa dimasuki nggak mas?  goa rong sendiri hanya bisa dimasuki beberapa orang saja sob, jadi jangan harap kalau kamu rame-rame bisa masuk kesitu. Sayang sekali di dinding-dinding gua terdapat banyak coretan dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab, sehingga mengurangi keindahan goa rong itu sendiri. Terus didepannya persis terdapat pohon besar yang usinya mungkin sudah tua banget, karena sangat besar dan akarnya sampai menggantung-gantung gitu sob. Nah yang kalah asyik saat berada disini adalah kita dapat melihat dan mendengarkan berbagai nyanyian burung-burung yang saling sahut menyahut hinggap kesana kemari dari pohon ke pohon dan mencari makan. Syahdu banget suasananya sob.

Terus fasilitas goa rong view ada apa aja mas?

- Ada Gazebo yang nyaman
- Taman bermain anak-anak
- Area parkir yang teduh dan luas pastinya
- Restoran / tempat makan yang nyaman
- Tempat pandang gunung Ungaran, Merbabu, Telomoyo, Rawa Pening dan pemandangan keindahan kota Salatiga
- Goa Rong itu sendiri
- Mushola
- Toilet
- Tempat sampah yang sudah tersedia dimana mana

Dengan fasilitas yang cukup lengkap tidak ada salahnya tempat ini menjadi destinasi wisata keluarga bagi kamu yang minggu ini belum ada rencana liburan. Apa yang sedang pulang kampung juga nih, bisa mampir kesini sebentar buat refresing. Yang tak kalah penting bagi para pengunjung yang datang kesini diharapkan lebih memperhatikan lagi sampah yang dibuang ya sob, buanglah sampah pada tempatnya. Supaya nggak mengurangi nilai keindahan yang ada di objek wisata goa rong view tlogo resort.

12 comments:

  1. Replies
    1. Iya mas, dari sini kita bisa melihat pemandangan berupa pegunungan dan danau rawa pening :D

      Delete
  2. Goa dilokasi ini dan sekitar nya sampai magelang candi borobudur sering saya lewati mas....pada tahun 2003/2004....saat itu saya masih kerjadi di Mobil penambngan pasir Muntilan merapi ....memang sih dulu sering..denger wisata ini, katanya bagus buat yg muda2 untuk memadu cinta........he...he.katanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap mas, kenapa tidak mampir waktu itu ?? :D

      Delete
  3. Kenapa mas...harus pake approval....soal komen ku pasti bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas maaf ya bukan bermaksud apa apa hanya saja dengan aproval saya bisa mengontrol komen komen yang mengganggu :D Hehehe..

      Delete
  4. Goa gong lokasinya nggak terlalu jauh dari rumah, tapi anehnya baru tau sekarang, ckck..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali ya mbak :D makanya lekas berkunjung...

      Delete
  5. Belum pernah sih kesana. InsyaAllah bakalan mampir dehh :-D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.