Header Ads

Melihat Keindahan Curug Panglebur Gongso

Kendal - Indonesia memang mempunyai beragam tempat wisata yang indah, Mulai dari jajaran pegunungan, perbukitan, sungai, laut bahkan sampai air terjun. Tidak terhitung  berapa banyak tempat yang luar biasa indah di tanah air kita ini. Di Kendal sendiri terdapat banyak sekali wisata alam berupa air terjun atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan istilah curug. Mulai dari yang terkenal seperti curug sewu, semawur, jeglong dan masih banyak lagi yang lainya. Tidak kalah terkenal dengan curug yang lain curug yang satu ini juga menyimpan keunikan dan keindahan sendiri. Apakah itu? mari kita simak pembahasanya bersama-sama.

Curug panglebur gongso bukanlah tempat wisata baru loh sob. Keberadaanya sudah diketahui oleh warga sekitar sejak lama. Namun baru akhir-akhir ini mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata alam lalu perlahan-lahan curug panglebur gongso mulai dikenal dan semakin banyak pengunjungnya, apalagi di hari libur dan akhir pekan.

Curug Panglebur Gongso | Desa Gondang
Lokasi Curug Panglebur Gongso
Curug ini berada di desa Gondang,  kecamatan Limbangan, kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Atau berada di jl.Raya Sumowono - Limbangan KM 6.

Untuk menuju kemari bukanlah hal yang sulit, ada beberapa rute yang bisa anda lewati. Yang paling mudah adalah jika dari candi gedong songo ambil arah menuju Utara ( Kendal ) kurang lebih 10 KM. Curug ini berada dibawah grojogan Klenting Kuning, dari situ kebawah lagi maka nanti akan ada spanduk di pinggir jalan ( kiri jalan ). Jika anda dari Kendal, ambil arah ke Sumowono dengan melewati jl.Sumowono - Limbangan nanti akan ada spanduk di kanan jalan. Untuk menuju kesini bisa menggunakan mobil dan sepeda motor. Jarak antara lokasi parkir dengan lokasi curug sekitar 300 meter dengan jalan kaki atau sekitar 15 menitlah.

Kemarin saat kesini kita hanya membayar Rp.4.000/ motor orang saja ( sepeda motor +  hari sabtu ). Wah sangat murah sekali bukan ?

Dari lokasi parkir menuju ke curug panglebur gongso jalanan sudah beraspal halus #Awalnya dan kalau kita lihat disebelah kanan ada pemandangan alam berupa area persawahan, disisi kiri berupa jurang, sedangkan dari belakang akan nampak pemandangan gunung Ungaran yang sangat mempesona. Wah dijamin bakal membuat kita semakin semangat. Setelah beberapa lama melewati jalan beraspal kini saatnya untuk turun ke lokasi curug, siap-siap ya sob. Untuk menuju ke curug ada beberapa anak tangga yang musti harus kita lewati. Saat melewati anak tangga ini nanti kita sudah mendengar suara percikan jatuhnya air. Eits.. jangan buru-buru! soalnya saat mau sampai anak tangganya cukup curam, jadi ati-ati ya sob.

Nah kalau udah sampai kita bebas nih mau nyantai dimana dulu. Kalau mau keseberang tinggal lewat jembatan bambu yang sudah disediakan. Enakan nyantai duduk-duduk, ngemil, sambil menikmati jatuhnya air yang mengalir. Wah awesome banget dah pokoknya. Tapi inget kalau makan atau minum sampahnya jangan ditinggal apalagi dibuang sembarangan, nanti keindahanya bakalan ternodai.

Fasilitas curug panglebur gongso ada :
1. Area parkir yang cukup luas dan teduh ( untuk sepeda motor )
2. Wisata pemandangan air terjun
3. Kantin / warung
4. Toilet ada 2 berada dilokasi parkir dan dibawah dekat air terjun.
5. Mushola ( baru dibangun ) jika ingin Sholat ada masjid di perkampungan dekat pintu masuk.

Curug panglebur gongso sendiri memiliki ketinggian sekitar 10 meter kurang lebih. Genangan air yang jatuh dari atas berwarna hijau kebiru biruan sehingga membuat terlihat seperti danau yang indah. Karena masih alami jangan heran ya sob kalau kita melihat banyak satwa yang berkeliaran seperti burung pegunungan dan reptil liar. Kalau kita perhatikan tepat di bawah air terjun ada sebuah gua yang cukup dalam, bahkan diperkirakan memilki kedalam hingga 100 meter, wah lumayan dalam ya sob? Kemudian disepanjang aliran sungai curug panglebur gongso diatas maupun dibawah terdapat banyak sekali bebatuan bahkan ada yang ukuranya sangat besar. Jadi ati-ati pas memijakan kaki, takutnya kan kena air jadi licin. Air disini juga terbilang cukup bersih, ini ditandai dibibir sungai terdapat banyak capung gunung, ini menandakan bahwa air disini masih bersih dan belum tercemar. Adapun tanaman yang mengelilingi curug ini ada pohon bambu, kemudian ada berbagai pohon besar, serta perkebuna kopi yang akan menambah kesejukan area curug.

Disini ada beberapa larangan yang patut kita patuhi ya sob.
Adapun larangan bagi pengunjung yang berkunjung kemari adalah dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang mengambil sesuatu yang bukan miliknya, dan dilarang melompat dari atas tebing. Seperti pada aturan umum ditempat tempat wisata lainya sih. Pengunjung diharapkan mena'ati dan mengindahkan aturan yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan kita bersama dong pastinya.

57 comments:

  1. teduh dan hijau, enak bener kayaknya ditambah makan mie instant sambil munun kopi es... slurupt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, disampaingnya ada warung bisa jajan disono biar menambah nikmatnya :D

      Delete
  2. Ajak-ajak dong kalo jalan-jalan ke tempat kaya gini -,-

    ReplyDelete
  3. wah..baru tahu lho mas. pas september jalan ke semarang..ndak eksplore sampe sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali ya mbak tapi no problem besok kalau ada waktu mampir lagi :D

      Delete
  4. wahhh air terjunnya bagus banget mas, melihat fotonya saja seolah mengundang kita untuk mandi dan berenang disana :)

    btw di semarang banyak air terjunnya yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. silahkan dikunjungi mbak :-)
      Iya Semarang banyak air terjunnya, moga aja bisa ane explore semua.. :D

      Delete
  5. Gilak air terjunnya, itu air banyak banget :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sedikit jadinya air keran dong mas :D Hahaha

      Delete
    2. Hahahahah. Biasanya kan kalau curug ada yag musiman, mas. Pas musim ujan deras, eh pas musim kemarau ilang :-(

      Delete
    3. Iya nih mas, kadang curug emang seperti itu ya :D Hehehe

      Delete
  6. Replies
    1. Iya mbak entah faktor hari biasa atau emang masih murah kurang tahu. Hehhehe

      Delete
  7. Curug keramat juga nih mas, bisa menghilangkan dosa :)
    Memang sih masalah buang sampah sembarangan selalu saja terjadi krana tingkat ksdaran yang minim. miris juga jikalau tempat yang indah seperti curug panglebur gongso ini di hiasi dengan sampah" mah.heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang paham mas keramat atau bukan. Yang penting niat kita berwisata aja :D

      Delete
  8. MAsya Allah indah ya curugnya jadi pingin kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mbak atau kalau perlu bisa ane anter :D

      Delete
  9. wah kayaknya hobi banget ya jalan2 ke curug... enak bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Iya nih mbak masih gemar explore curug :D

      Delete
    2. tapi keren mas, kita2 yang gak tau jadi tau deh..
      tadinya saya aja ga tau curug itu apa, ternyata air terjun toh..
      maklum orang jawa :D

      Delete
  10. sepertinya asik tuh kalo ngadem di sana :D

    ReplyDelete
  11. Ini adanya di daerah Limbangan ya Kang, nanti kalau ke Semarang aku coba mampir ah.

    ReplyDelete
  12. Keren ya mas. Masih asri bgt. semoga tetap terpelihara. Kapan ya bisa main ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane doain semoga lekas bisa kesini mbak :D

      Delete
  13. saya baru tahu, nama curugnya masih asing, padahal tempatnya indah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sekarang jadi tahu kan gan ? Ayo gan dikunjungi :D

      Delete
  14. wih keren mas curugnya.. tuh yang duduk siapa mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ADuh itu mah saya mbak yang duduk :D

      Delete
  15. Wooooow air terjunnya memang gak terlalu tinggi ya, tapi keindahannya sungguh luar biasa. Jadi pingin kesana.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget gan..
      makanya buruan berkunjung gan :D

      Delete
  16. Cakep banget viewnya, jepretannya juga makin mantabz.
    Menikmati curug serasa adhem ayem lebur semua dosa .
    Yuk mampir warung sebelah curug situ ...kita cari yg anget-anget ...hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak :-)
      Hahaha. silahkan silahkan mbak :D

      Delete
  17. Curug panglebor gongso gak terlalu curam gawirnya ya mas Eksa, jadi gak takut loncat indah, hehehehe, yup betul banget pemandangannya indah dilihat.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kemarin banyak yg lompat sayang sekali enggak kena kamera. Hahaha

      Delete
  18. wah para penggila shutter speed pasti mupeng explore curug ini mas mantap mas....

    ReplyDelete
  19. Keren banget mas, traveling nya. Aku suka wisata alam. Seger fresh..

    ReplyDelete
  20. subahannallah benear2 indah dan nyaman ya, asik kayaknya mandi di sana

    ReplyDelete
  21. Cakep benerrr ih Curugnya. emang kalau air terjun gini kenapa murah ya? tapi bener lho kak, fotomu cakep gini tanpa ada yg bocor. hehe

    Salam kenal ya. Hanif insanwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak tau juga sih mas, mungkin karena alami kali ya. Hehehe #ngarang
      Enggak kok mas masih belajar, punyamu juga lebih bagus :)
      Oke salam kenal juga :D

      Delete
  22. seger banget ya bro bawaanya pengen nyebur,eh boleh ga sih nyebur? , di Limbangan ada curug sekece ini ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilarang sih, cuma kemarin ada beberapa yang nekat sih :D

      Delete
  23. Itu bukan foto asli ya kang ? kalau pakai foto asli kaya nya bagus banget tuh kang teduh dan sejuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu asli mas, efek kameranya slow speed :)

      Delete
  24. seger banget ya, jadi pengen main ke air terjun lagi udah lama g mandi di air terjun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seger + menggigil pasti mas. Hahaha

      Delete
  25. Adem, seger, sejuk liat air terjunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sejuk lagi kalau kesana langsung :D

      Delete
  26. Keren tempatnya... Sekarang wisata2 di desa yg sebenarnya sudah dikenal di daerahnya, mulai dilirik pemerintah untuk dikembangkan ya...

    ReplyDelete
  27. Nah kalau pedalaman seperti ini biasanya seru kang karena masih alami gituh ya kang ?

    ReplyDelete
  28. wahhh kaya nya terjun dari atas curug seru juga :D wkwkwk

    ReplyDelete

Powered by Blogger.