Header Ads

Pantai Jodo Gringsing, Wisata Pantai Populer Di Batang

Batang - Selain pantai Sigandu dan Ujung Negoro ternyata Batang masih menyimpan lokasi wisata pantai yang kayaknya sayang banget deh kalau kamu lewatkan. Apa itu? Namanya adalah pantai jodo. Yang merupakan destinasi wisata pantai yang berada di sebelah Timur kota Batang, dimana lokasinya dekat perbatasan antara kota Kendal. Wah bisa cari jodo nih mas disini? hehehe..

Sebutan lain dari Pantai jodo adalah pantai Buntu, tapi masyarakat biasanya menyebutnya dengan sebutan pantai Jodo. Yang menjadi ikon pantai jodo adalah di dekat pintu gerbang masuk utama kita akan melihat tugu bertuliskan Pantai Jodo dipinggir pantai. Hamparan pasir pantai yang halus berwarna coklat cerah akan menambah kesan cantik pantai jodo ini, selain itu banyaknya pohon-pohon cemara yang tumbuh dipinggir pantai akan membuat nyaman suasana saat berkunjung kemari sob. Nah nggak cukup sampai disitu disisi lain pantai jodo ada sebuah rel kereta api yang membentang persis berada di dekat bibir pantai. Sudah pasti akan membuat kesan indah dan dijamin membuat betah deh sob.

Ikon Pantai Jodo
Pantai jodoh ini berada di desa Sidorejo, kecamatan Gringsing, kabupaten Batang, Jawa Tengah. Untuk menuju kemari bukanlah perkara yang susah sob. Saya kasih rute paling mudah ya. Dari arah Kendal tepatnya dari perbatasan kota Kendal - Batang di kali Kuto silahkan maju sedikit lagi sampai bertemu lampu merah pertama, kemudian setelah itu didepan lampu merah tersebut silahkan anda ambil arah kanan masuk menuju ke jalan yang berada di depannya. Setelah itu silahkan ikuti jalanan berupa area perkampungan. Dari sini maaf saya nggak bisa memberikan rute nih sob karena banyaknya tikungan. Pokoknya tinggal ikuti saja jalanan yang ada, kalau bingung silahkan tanya kepada warga sekitar. Menurut sumber, ada jalur lain untuk menuju ke pantai jodoh tersebut loh sob, cuma lewatnya mana saya kurang tau.

Terus medanya gimana nih mas? Medan yang akan kita lalui saat berada dijalur pantura halus dan nyaman digunakan. Nah setelah masuk area perkampungan juga masih sama nyaman, namun ada beberapa polisi tidur yang harus anda waspadai ya sob. Setelah melewati area persawahan jalanan akan berubah menjadi terjal dikarenakan aspal yang terkelupas sehingga membuat medan agak merepotkan sih sob. Tapi tenang aja selama perjalanan kita akan ditemani dengan pemandangan dataran tinggi, area pegunungan, area persawahan, dan area tempat pelelangan ikan desa Sidorejo. Jadi ada hiburanya gitu ya sob. Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan sepeda, sepeda motor, mobil pribadi, mini bus, dan truk.

Nah, biayanya sendiri mas? Untuk masalah biaya objek wisata pantai Jodo ini masih tergolong murah pakai banget loh sob karena hanya dengan merogoh kocek sebesar ( 1 November 2015 ) Rp.3.000/ orang, dan biaya parkir sepeda motor Rp.2000/ unit kita bisa bebas menikmati keindahan pantai jodo sepuasnya. Sangat terjangkau bukan?

Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama, akhirnya sampailah kita di pantai jodoh Gringsing. Cukup lama memang perjalanannya, apalagi jika belum pernah kesini jadi kesanya jauh dari jalan raya. Tapi nggak apa-apa rasa lelah akibat menempuh perjalanan akan hilang setelah kita melihat keindahan pantai jodo ini.

Keindahan Pantai Jodo
Biasanya para pengunjung yang baru pertama datang kemari langsung menuju ke ikon utama pantai, yaitu tulisan pantai jodo yang berada di depan gerbang setelah tiket masuk itu, ini juga memang yang menjadi ciri khas dan lokasi andalan bagi para pengunjung. Makanya jangan heran ya sob jika ingin mengabadikan momen disini kita perlu bersabar karena banyaknya orang yang ingin mengabadikan momen disini.

Ajakin jalan-jalan di pantainya dong mas? Oke, setelah puas dengan ikon tadi kita bisa langsung ke pantainya, bagi kamu yang ingin menyegarkan diri atau bermain air disini juga nggak masalah sob. Yang penting tetap jaga diri dan jangan bermain air hingga ke daerah yang lumayan dalam pastinya. Ehh satu lagi, yang nggak kalah penting bawa pakaian ganti kalau mau main air. Disini juga sudah disediakan tambang pembatas sebagai tanda larangan. Lagi pula bermain ke pantai nggak harus menceburkan diri bukan?

Disekitar pantai tepatnya di bibir pantai disebelah tugu tadi ditumbuhi banyak pohon cemara sob, sehingga para pengunjung yang ingin mengistirahatkan tubuh atau menikmati suasana pantai nggak terlalu kepanasan pastinya. Saat tim kemarin kesini nampak ada beberapa pohon cemara baru, atau baru ditanam. Wah mau nambah lagi mungkin pihak pengelola pantainya, jadi semakin rindang dan adem aja ya. Bagi para pengunjung yang membawa anak dibawah umur atau adik yang masih kecil, anda bisa ajak mereka untuk bermain di area taman bermain, walaupun seadanya namun setidaknya bisa menghibur bagi buah hati. Bener nggak sob?

Katanya ada rel kereta apinya mas, mana?

Oke sabar sob. Bagi pengunjung yang merasa tertantang ingin melihat pemandangan indah lainya, silahkan pergi ke bukit batu yang ada di pojok pantai. Disini ada rel kereta api, sehingga kalau pengunjung kemari dan memanjat tebing dari atas akan terlihat pemandangan alam yang sangat luar biasa. Jauh nggak nih mas jalan kakinya? Tenang aja sob perjalanan menuju ke rel kereta api tidaklah jauh, namun perlu waspada saat ingin menyeberangi rel kereta apinya ya, mengingat nggak ada palangan atau rambu-rambu yang ada. Setelah melewati rel kereta api pengunjung bisa memanjat tebing bersemen itu, ini berlaku bagi yang bisa memanjat ya? Agak susah memang karena disini nggak disediakan tambang, alat panjat, atau apalah yang bisa dibuat pengaman. Nah, setelah sampai keatas maka kita dapat menikmati panorama pantai dan ditambah dibawahnya dengan rel kereta api. Pemandanganya akan sangat terpadu disaat ada kereta api sedang lewat. Namun jangan terlena ya sob, diatas tebing juga nggak ada pengamannya jadi lebih berhati-hati saat berada diatas. Wah mantap nih mas pemandanganya?

Kita bahas fasilitas ya sekarang? Berbicara soal fasilitas disini sudah ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung seperti yang pertama tadi lokasi parkir yang luas, nyaman, dan adem karena disini sudah banyak ditumbuhi pohon cemara. Berikutnya ada beberapa fasilitas pendukung lainya seperti warung makan, tempat sampah, kamar mandi, mushola, dan taman bermain untuk anak.

Sampai saat ini objek wisata pantai jodo ini selalu jadi buruan para wisatawan, walaupun masih lokal saja sih sob. Seperti halnya di tempat-tempat lain disini juga akan ramai disaat hari libur, terutama pagi dan sore hari. Selain digunakan sebagi hiburan disini kerap dijadikan area outbond dan acara-acara lain. Tak jarang bagi para laki-laki yang gemar berolahraga voli dan sepak bola mereka kerap bermain di pinggir pantai.

Jika ingin datang kesini disiang hari seperti saya jangan lupa bawa jaket ya sob. Yang tak kalah penting adalah periksa keadaan kondisi mesin kendaraan anda yang ingin anda gunakan. Dan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri silahkan buang sampah pada tempatnya.

12 comments:

  1. keren, dan bersih banget ya lokasinya..
    semoga akan selalu terjaga kebersihannya.. :)
    btw kalo kesana bisa ketemu jodoh kah mas? =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau masalah itu biarlah takdir yang mempertemukan. Hehehe

      Delete
  2. Replies
    1. Ada apa dengan nama pantainya mbak ?? :D Hehehe

      Delete
  3. Pantainya bagus, namanya juga unik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lagi naik daun ini loh :D

      Delete
  4. Keretanya itu kira-kira lewatnya jam berapa aja ya? (seperti contoh fotonya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang paham juga sih mas, waktu itu ane sekitar jam 10 an..

      Delete
  5. kalau dr arah bojong rutenya gmn ya mas?

    ReplyDelete
  6. mas apa disana sudah ada hotel atau penginapan2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir kesana saya nggak menemukan sih mas, kalau sekarang kurang paham :-)

      Delete

Powered by Blogger.