Jumbleng Biru, Obyek Wisata Air Terjun Baru Di Boyolali

Jumbleng biru merupakan salah satu tempat wisata baru dinuka yang berada di daerah Boyolali. Keberadaanya memang sudah lama dan terbentuk secara alami, tapi baru sekitar 2 bulan yang lalu baru ditemukan oleh warga sekitar yang sedang mencari ikan. Karena keunikanya akhirnya dijadikanlah sebagai tempat wisata. Jumbleng biru sendiri menyuguhkan panorama air terjun mini dengan keindahan airnya yang berwarna biru. Karena genangan air yang ada dibawah air terjun ini cukup dalam sekitar 5 sampai 6 meter sehingga membentuk warna air menjadi biru.

Jumbleng biru sendiri berada di dukuh Kemuning, desa Mudal, Boyolali, Jawa Tengah. Untuk sampai kesini ada beberapa rute yang bisa kita lalui. Dari terminal Sruwen maju sedikit lagi cari pom bensin Kenteng di kiri jalan kemudian masuk ke kiri jalan setelah melewati pom bensin tersebut, atau kasaranya pom bensin kedua setelah terminal Sruwen. Lurus terus kira-kira 3 KM maka kita akan melihat lapangan sepak bola dikanan jalan di dekat Masjid As Sidas. Dari situ masuk ke jalan persis di sebelah lapangan sepak bola. Masuk terus kira kira 300 meter kemudian masuk ke jalan pertama yang ada dikiri jalan. Kemudian lurus sampai bertemu pertigaan lagi belok kiri kemudian belok kanan. Setelah itu lurus terus sampai habis perkampunganya. Maka sampailah kita ke lokasi jumbleng biru.

Karena masih baru jadi kita bisa menitipkan kendaraan dirumah paling pojok dekat kebun, ya pastinya ijin dulu sama yang punya rumah biar enak. Kemudian untuk menuju ke lokasinya nggak jauh kok sob, kita hanya berjalan dengan menuruni beberapa anak tangga yang sudah disediakan, maka kita akan sampai ke jumbleng birunya. Jika masih bingung masalah rute kamu bisa bertanya kepada warga sekitar kok sob, tenang saja warga disini ramah-ramah dan baik. Untuk menuju kesini bisa diakses menggunakan sepeda, sepeda motor dan mobil. Tapi saya sarankan untuk menggunakan sepeda atau sepeda motor saja, karena jauh lebih efisien.

Untuk ke jumbleng biru kita harus berjalan kaki terlebih dahulu kurang lebih 100 meter dengan menuruni beberapa anak tangga. Nah anak tangganya sendiri masih berupa tanah yang dibentuk layaknya anak tangga, hati-hati ya sob karena belum ada pengamanya. Setelah melewati rintangan tersebut maka kita akan sampai ke lokasi Jumbleng biru.

Menurut informasi saat hari libur lokasi wisata ini sangat ramai dikunjungi. Bahkan ada juga yang sewa ban untuk bermain air. Waduh seru banget pastinya.

Disini terdapat 2 air terjun mini. Yang satu mempunyai kedalaman hingga 6 meter dan tinggi kira-kira 5 meter sedangkan yang satunya lagi berada diatasnya. Yang ada diatas nggak begitu dalam mungkin sekitar 1 sampai 2 meter saja. Nah bagi pengunjung yang mau mainan air disini juga sudah disediakan tempat gantinya juga loh sob. Jadi nggak usah takut jika pulang basah-basahan. Yang perlu diingat saat bermain air harus extra hati-hati ya sob karena ya itu tadi kedalamanya hingga sampai 5 meter, kalau nggak bisa berenang ya lebih baik nggak usah, atau sewa ban kalau mau. Nah kemudian disekelilingnya dihiasi pepohonan bambu yang cukup lebat serta banyaknya bebatuan besar yang berada di dekat air terjun yang membuat nuansa alamnya begitu alami.

Bagi kamu yang ingin berkunjung kemari silahkan membawa pakaian ganti jika ingin mandi pastinya. Sekali lagi saya sarankan yang nggak bisa berenang jangan bermain di dekat jatuhnya air karena disini sangat dalam. Bawa juga bekal makanan dan minuman karena diarea ini nggak ada penjual makanan dan minuman. Terus yang nggak kalah penting adalah jangan membuang sampah sembarangan. Disini sudah disediakan beberapa tempat sampah, sehingga tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan. Mari kita jaga bersama sama kelestarian dan kebersihan lingkungan. Kemudian untuk fasilitas umumnya seperti tempat ibadah disini nggak ada ya sob, kalau mau sholat silahkan cari mushola di area pemukiman penduduk.

4 comments:

  1. bisa buat berenang tuh, jadi pengen nyemplung aja lihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.Iya mbak, buat yang nggak bisa renang tidak disarankan :D

      Delete
  2. asik boyolali punya tempat wisata baru, btw masuk ke jumbleng bayar atau free

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin waktu kesini sih free mas,
      nggak tau kalau sekarang. Hehehe

      Delete

Powered by Blogger.