Header Ads

Ke Sidomukti? Mampir Ke Gua Tirta Mulya Juga Ya..

Jika bicara soal gua, pasti masing-masing gua mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri. Seperti beberapa contoh gua yang ada di luar negri seperti gua Jeita Groto, gua Skocjan, gua Reed Flute, Gua Kristal, gua Waitomo, dan gua-gua keren dan indah lainya di berbagai belahan dunia. Memang yang namanya gua tidak akan lepas dari alam. Seperti yang kita tahu bahwa para nenek moyang dulu menggunakan gua sebagai tempat tinggal. Berbicara mengenai gua pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk menyusuri gua yang ada di daerah gunung Ungaran. Gua ini bernama gua Tirta Mulya.

Gua ini berada di desa wisata Sidomukti. Ternyata selain menyuguhkan panorama alam pemandangan yang indah dan umbulnya desa ini masih mempunyai destinasi wisata yang bagus. yaitu gua tirta mulya. Untuk menuju kemari pengunjung bisa menggunakan rute yang sama menuju ke umbul sidomukti kemudian dari situ lurus terus menyusuri jalan yang telah disediakan.

Sebelum kita menuju ke guanya kita akan melewati area taman dan pondok kopi. Nah bagi kamu yang membawa saku lebih bisa juga nyobain wisata kuliner di pondok kopi sidomukti.

Kalau misalkan ingin langsung ke guanya nanti kita akan melihat papan petunjuk arah yang telah disediakan. Gua ini lokasinya berada di tengah area taman. Jadi nggak begitu sulit untuk mencarinya.

Sebelum memasuki gua pengunjung akan disambut dengan pintu gerbang yang lumayan besar yang terbuat dari kayu dan diatasnya terdapat tulisan gua tirta mulya. Didalam gua kondisinya cukup gelap. Ada beberapa  lampu penerangan yang tersebar di beberapa titik. Namun biasanya para pengunjung lebih memilih menggunakan alat penerangan tambahan seperti senter.

Gua tirta mulya bukanlah gua asli yang terbentuk karena alam. Melainkan gua ini adalah gua buatan manusia yang dibuat pada tahun 2009 yang lalu dan dikerjakan selama kurang lebih 1 tahun 3 bulan lamanya dan hanya dikerjakan 5 orang. Gua ini mempunyai lebar kurang lebih 3 meter dan mempunyai panjang sekitar 100 meter.

Nah sebenarnya ada apa sih diujung gua tirta mulya ini? diujungnya hanya terdapat sebuah tempat kecil dengan pagar pembatas. Tempat ini adalah tempat pandang untuk menikmati keindahan lereng gunung Ungaran. Disaat hari libur tempat kecil ini akan dibanjiri para pengunjung sehingga tak heran jika kita harus rela mengantri untuk sekedar mengabadikan momen.

- Tiket pertama ( masuk ke kawasan Sidomukti ) = Rp.2.000/orang
- Tiket kedua ( masuk ke kawasan kedai kopi ) = Rp.4.000/orang
- Tiket parkir sepeda motor = Rp.2.000/motor
- Tiket masuk ke Goa Tirta Mulya = Rp.5.000/orang

11 comments:

  1. mas ada foto di dalam goanya mas. sepertinya serem banget gelap begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih mas, tapi tidak saya bagi biar pada penasaran :D
      Iya cukup gelap sih mas, tapi ada lampunya ...

      Delete
  2. Yang aku tahu malah hanya Umbul Sidomukti saja :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu kemarin juga mas :D

      Delete
  3. murah juga ya mas, selain itu kita juga bisa mendapatkan pemandangan yang lumayan bagus ya.hehe
    boleh juga nih dijadikan saran liburan nanti ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, silahkan mampir kesitu mas...

      Delete
  4. masuk goa tira Mulya Sidomukti kok coba-coba seih...bukannya kudu persiapan mateng dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. emang mau naik naik ke puncak gunung apa mas ?? lihat situasi mas, kalau tidak ada persiapan khusus ya udah seadanya pun jadi..

      Delete
  5. Serm serem gimana gitu goanya itu :'D

    ReplyDelete
  6. Klo mau wisata gue GUNUNG KIDUL rajanya. Salah satu yg terkenal ya Pindul
    pas saya KKN september 2014 lalu, sya ditempatkan di Desa Ponjong, nah di sana 2 gua vertikal dan horisontal (maaf saya lupa namanya)...

    ReplyDelete
  7. iya tuh kayak kata mbak wida zee, pintunya serem gimana gitu, btw pintunya dari kayu jati tuh mas?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.