Baca Tips Ini Sebelum Berangkat Traveling Sendirian

Tips - Traveling merupakan salah satu hobi yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Nggak hanya anak muda saja yang suka dalam dunia traveling, namun banyak juga orang yang sudah berumah tangga masih punya hobi traveling. Bagaimana tidak, karena dengan traveling perasaan kita menjadi bahagia, pikirian menjadi lebih segar, dan jauh dari stres. Setelah beberapa hari beraktifitas seperti bekerja dan belajar banyak orang akan mengeluh penat dan suntuk. Salah satu ramuan mujarabnya ya dengan traveling ini. Biasanya orang-orang melakukan aktifitas yang satu ini dengan sahabat, keluarga, atau komunitas. Tapi ada lagi sebagian yang malah melakukan aktifitas traveling sendirian. Nah nggak semua orang berani dan mau melakukan aktifitas seperti traveling sendirian hlo sob. Bahkan orang paling nakal sekalipun juga ada beberapa yang nggak berani melakukan aktifitas ini dengan berbagai alasan.

Berbicara soal traveling siapa sih yang tidak suka? Hampir semua orang suka yang namanya traveling, liburan, dan piknik. Masing-masing orang biasanya punya destinasi kesukaannya sendiri ada yang suka di gunung, laut, kota, rumah makan, air terjun, dan masih banyak lagi yang lainya.

Orang traveling sendirian bukan berarti tidak punya kerja'an hlo sob, justru dengan traveling sendirian orang akan belajar mandiri dan belajar memimpin dirinya sendiri. Traveling sendirian itu juga asyik, karena kita bisa sampai puas menikmati tempat yang kita tuju. Sebagai contoh kadang jika kita traveling ramai-ramai bersama teman-teman, ada salah satu teman yang rewel ngajak udah, nah jadi tidak asyik kan?

Walaupun traveling sendirian kita tidak harus beserta merta berbuat se'enaknya sendiri, semua ada aturanya yang wajib kita ta'ati. Dan berikut ini adalah tips dari saya mengenai traveling seorang diri. Tips dibawah ini adalah tips yang saya lakukan sa'at saya melakukan traveling sendirian.


1. Kenali tujuan
Tidak mungkin kita melakukan traveling tanpa kita tahu seperti apa target kita, seperti apa gambaranya, seperti apa medanya, dan lain sebagainya. Sebelum berangkat pastikan kita sudah tau gambaran tempat yang akan kita tuju. Caranya bisa lihat terlebih dahulu di internet mengenai destinasi tujuan kita. Hal ini akan  membuat kita lebih yakin dan membuat semangat semakin berkobar-kobar. Tapi tunggu dulu. Bagaimana kalau emang tempat tersebut terpencil dan belum ada yang mengulasnya? nah ini akan menjadi masalah tersendiri bagi kita. Satu-satunya pilihan yang harus kita ambil adalah tetap melanjutkan perjalanan dengan menghadapi resiko yang ada seorang diri atau tunda perjalanan dengan mengajak teman suatu hari nanti.

2. Cek Rute
Kalau informasi yang kita dapatkan sudah oke ini juga tidak kalah penting, yaitu mengecek rute. Kalau kita ke tempat yang belum pernah kita tuju pastikan cek dulu di google map rute mana yang harus kita lalui. Kalau misalkan punya hp yang sudah dilengkapi dengan GPS ini akan lebih membantu, tapi kalau belum punya kita bisa membuat peta manual sendiri. Atau kalau misalkan kita sudah sedikit-sedikit tahu bisa langsung cabut saja, kalau ragu bisa tanya ke warga sekitar. Cara ini pernah saya lakukan saat awal mula saya suka traveling.

3. Bawa Barang Secukupnya
Ini juga perlu diperhatikan, bawalah barang-barang seperlunya saja, jangan banyak-banyak karena akan membebani diri kita sendiri. Sebagai contoh kalau tempat yang akan kita tuju ternyata jauh dari lokasi parkir dan perlu menempuh jarak berkilo-kilo meter dengan jalan kaki. Sehabis pulang traveling bisa-bisa pundak kita pegal nggak karuan, malah jadi nggak enak sendiri kan? kemudian bawa makanan dan minuman dari rumah kalau sempat agar lebih hemat dan terjamin heginisnya. Selain itu juga bisa menghemat pengeluaran kita. Jika tujuan yang akan kita datangi memerlukan pakaian ganti, bawalah pakaian ganti secukupnya saja untuk jaga-jaga. Misalnya di air terjun dan kita ingin main air ( kalau diijinkan sama petugas ) atau ada kolamnya.

4. Berdo'a Sebelum Berangkat
Tujuan sudah, rute sudah, perlengkapan juga sudah. Kini saatnya kita siap untuk tancap gas. Namun yang perlu diingat jangan sampai lupa ya saat hendak berangkat berdo'alah terlebih dahulu supaya sampai ke tempat tujuan dan pulang lagi sampai rumah dengan selamat tanpa kurang sesuatu apapun.

5. Jangan Malu Bertanya
Terkadang dengan bantuan GPS pun pas di tempat yang kita tuju ternyata sinyalnya lemot, atau tidak terkoneksi sama sekali. Saat di perjalanan ternyata kita lupa rutenya atau ragu dengan jalan yang kita ambil dan masih belum mantap dengan peta atau GPS.  Janganlah malu untuk bertanya. Bertanyalah dengan sopan dan senyum. Dengan tersenyum akan menambah kesan sopan seorang tamu kepada penghuni rumah. Ingat pepatah ya sob, malu bertanya sesat dijalan.

6. Bersikap Sopan Dimanapun
Jika sudah sampai di tempat tujuan janganlah bersikap cuek. Biasanya para wisatawan sering lupa dengan sikap yang satu ini. Misalnya saja saat bertemu dengan sesama wisatawan lain, saat berpapasan dengan warga sekitar, jangan lupa untuk menyapa atau hanya sekedar melempar senyum. Walaupun hanya kata permisi pak / buk sambil senyum itu sudah mencerminkan sifat sopan kita. Dan dengan sopan kita bisa lebih dihargai. Syukur-syukur bisa berbaur dengan mereka. Lebih asyik kan pastinya? berasa main seperti di kampung sendiri. Ohh ya.. misalkan kita nanti bertemu dengan wisatawan lain, bisa nih minta ijin gabung dengan mereka. Lumayan kan dapat teman baru? bisa saling berbagi pengalaman, cerita, atau hanya sekedar bercanda tawa.

7. Patuhi Peraturan
Ditempat wisata manapun kita pasti akan menjumpai berbagai aturan. Aturan tersebut biasanya terpampang secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya "Dilarang Berenang Di Sungai" ya kita patuhi jangan dilanggar walaupun kita pandai berenang sekalipun. Tetap aturan ini harus kita patuhi. Secara ini kan tempat baru dan kita nggak tau situasi dan kondisinya seperti apa. Maka pilihan terbaiknya adalah tetap mematuhi peraturan yang ada. Kemudian contoh yang tidak langsung adalah jangan membuang sampah sembarangan. Peraturan seperti ini biasanya memang kadang terpampang dan kadang tidak. Namun sebagai seorang pecinta dunia traveling layaknya kita malu kalau kita datang malah merusak kelestarian alam. Terpampang atau tidak bukan alasan kita untuk melanggar. Karena ini adalah aturan yang umum dan wajar.

8. Nikmati Keindahan Tempat Tujuan
Saat dilokasi pastikan kita memperhatikan sudut demi sudut seisi lokasi. Agar puas ya sob pastinya. Karena sendirian, kita pun bebas menentukan kapan kita mau cabut. Mau ditempat wisata seharian atau sebentar, terserah kita. Berbeda kalau kita bersama teman-teman. Misalnya kita mau berlama-lama tapi  ada teman yang ingin cepat-cepat pulang. Nah, bingung kan? mau pulang atau tidak. Itu salah satu perbedaan antara traveling sendirian dengan bareng teman. Bukan berarti bareng temen itu nggak enak hlo ya. Saya sendiri kalau disuruh milih traveling sendirian atau bareng temen tetep pilihnya yang bareng temen. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

9. Oleh-Oleh Tidak Wajib
Kalau kita punya uang lebih tak ada salahnya membelikan oleh-oleh kepada sanak saudara atau teman dirumah. Itu juga termasuk sedekah kan? dengan sedekah rejeki kita pasti akan senantiasa selalu bertambah. Tapi jika uang kita pas-pasan lebih baik jangan memaksa karena untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

10. Jangan Terburu Buru Saat Pulang
Santai saja ya kawan saat perjalanan pulang tidak usah tergesa-gesa. Nikmati perjalanan pulang dengan hati riang gembira dan jangan lupa berdo'a. Karena perjalanan pulang kita identik dengan kelelahan setelah seharian menjelajah, maka benar-benar pahami kondisi tubuh kita, jika lelah atau pegal terasa lebih baik berhenti serta beristirahatlah saja dulu. Jangan memaksakan kalau memang tidak memungkinkan.

Hal-hal diatas merupakan hal wajar dan dasar bagi para travelers, sebenarnya jika dijabarkan lagi masih banyak tips-tips yang bisa kita gunakan sebelum melakukan perjalanan seorang diri. Melakukan perjalanan seorang diri memang penuh dengan tantangan dan resiko maka dari itu bagi anda yang ingin mencoba traveling sendirian, mulailah dengan menjelajahi daerah sekitar anda dulu, baru kemudian beranjak ke tempat yang lebih jauh lagi. Jangan asal langsung ke yang jauh ya? soalnya menghindari resiko.

Itu saja ya kawan tips dari saya mengenai traveling sendirian. Tips diatas adalah tips yang saya lakukan saat saya traveling sendirian. Mungkin para master yang lebih berpengalaman dan profesional punya tips yang lebih keren lagi. Oke, Semoga bermanfaat dan dapat dilakukan dengan semestinya.

32 comments:

  1. Traveling sendirian agak hambar rasanya. Tp bisa dicoba ni kapan-kapan, mencoba sesuatu yg anti mainstream

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda beda ya gan, kalau saya emang seneng traveling sendirian asalkan enggak di tengah2 hutan belantara aja :D

      Delete
    2. tambahin bawa garam aja biar g hambar :D viss

      Delete
    3. Apa enggak gula aja mas yang manis :D saya suka yang manis manis.. Hehehe

      Delete
  2. Hobi traveling pasti pengalaman jalan-jalannya banyak nih ya mas eksa ini, mantabs,,, tapi kalo yang belum pernah travelling jangan dulu sendirian kali ya, berdua dulu minimal dengan orang yang sudah berpengalaman, nah kalo udah ada pengalaman baru deh travelling sendirian, dan mengaplikasikan tips travelling sendirian dari mas eksa ini ya... hehehehehehehehehe :) jangan malu bertanya itu penting ya, biar gak tersesat di jalan, hehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas diar, mental juga harus kuat..
      dan sopan dimanapun itu juga perlu. Hehehe

      Delete
  3. makasih tipsnya, saya juga suka traveling sendirian, beberapa kali saya lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, mantap mas,, lanjutkan, asalkan positif..

      Delete
    2. saya kalau ngetrip enggak kenal tujuan mas, asalkan lihat tempat bagus langsung berhenti gitu aja :D

      Delete
  4. Sesekali jalan2 sendiri emang mengasyikkan, tp nda da yg bisa motoin hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehe. iya mbak itu salah satu kendalanya.. kalau saya pakai timer lah mbak, itupun kalau sepi kalau ada orang malu saya :D Alhasil enggak foto sama sekali. wkwkw

      Delete
  5. Treveling sendirian emang menyenangkan tidak ribet. mau kemana aja hayo.. Tapi kalau tidak ada teman ngobrol, jadi merasa kesepian juga mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya enjoy aja mas, hehe,, yang penting fun :D

      Delete
    2. kalau sudah biasa memang merasa enjoy ya, kalau jarang pergi sendirian, jadi seperti anak ilang,,,

      Delete
    3. Iya mas, kadang saya dikatain seperti itu sama temen temen tapi ane cuek aja :D

      Delete
  6. engga berani traveling sendirian -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyalah mbak, cewek bahaya kalau traveling sendirian..

      Delete
    2. kalau cewek baiknya di dampingi sama yang sudah sering seperti mas eksa :)

      Delete
    3. Oke deh siap kalau yg namanya traveling ayooo pokoknya :D Haha

      Delete
  7. Betuk mas ...ada banyak pengalaman dari aktifitas tunggal , misal belajar mengadapi tantangan , lika liku rute yg memang sebelumnya kita tidak ketahui, inilah cara kita membelajari diri kita sendiri....oky...maju terus dunia thour

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sip mas, ane emang paling doyan ngetrip sendirian,, Hehehe

      Delete
  8. dulu saya suka traveling sendirian mas.
    asal jgn terlalu jauh aja mas. kalonya tersesat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau tersesat udah jadi makanan saya kalau ngetrip sendirian mas. Hahaha
      tanya tanya orang biasanya..

      Delete
  9. Untuk trip sendirian mah meski punya jadwal terbang yang sering mungkinmas.
    kalau untuk orang yang jarang main kaya saya pastinya mikir beberapa kali untuk melakukan trip sendirian. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha,, iya juga sih mas, kalau ane kalau udah niat mau ngetrip ya udah berangkat langsung sendirian pun tak jadi halangan. Hehehe

      Delete
  10. Saya paling getol main sendirian mas, dan benar-benar membatu tipsnya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong mas :D
      iya mas sama sama semoga bermanfaat..

      Delete
  11. Gue paling suka malah sendirian. Sering nyasar juga lagi. GPS terkadang sesat banget. Mending nanya orang deh. Huahahaha. Yang terakhir bener banget. Jangan pulang buru-buru. Santai aja. Nikmati setiap perjalanan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong mas, ane juga hobi traveling sendirian..lebih mandiri dan mengharuskan kita jadi pemimpin diri sendiri. Hehe

      Delete
  12. kadang pengen jjuga berangkat traveling sendirian.. tapi rasanya takut kesepian gak ada yg diajak ngobrol.. he.he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang awalnya gitu gan, namun kalau udah biasa ya happy happy aja :D

      Delete

Powered by Blogger.